Aljufri,SH. MH.,Wakil ketua komisi II DPRD Kabupaten Pesisir Selatan Hearing bersama Apkasindo di Cafe Alebis Inerapura, Selasa 16 Juni 2020

mediaterobos.com, Pesisir Selatan- Rombongan kimisi II DPRD Kabupaten Pesisir Selatan sidak dua pasar di Kecamatan Pancung Soal, Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat, Selasa 16 Juni 2020, pasar yang dikunjungi Teluk Amplu dan pasar Kudo - Kudo Inderapura.

Kunjunga itu dipimpin langsung ketua komisi II DPRD Kabupaten Pesisir Selatan Alkisman, S.IP. Dt. Bagindo Rajo, menelusuri sudut kedua pasar tersebut yang belum di pakai pedagang sampai saat sekarang, padahal dua pasar itu sudah layak untuk di operasikan yang telah menghabiskan anggaran negara sampai miliaran rupiah.

 “Kami komisi II DPRD Pesisir Selatan telah melihat keadaan dua pasar yang ada di Pancung Soal, kami menilai ke dua pasar itu sudah layak untuk di operasikan, kami sebagai wakil rakyat heran, kenapa dua pasar itu belum ditunggui pedagang," kata Alkisman ketua komisi II DPRD Pessel.

DPRD pesisir Selatan melalui komisi II meminta, hagar dua pasar itu segera di operasikan, supaya pedagang bisa merasa tenang dan menikmati nikmat berdagang.

"Tadi kita sudah katakan ke dinas terkait, agar dua pasar itu segera di pakai pedagang, tidak boleh ada kepentingan, apalagi diperjual belikan, tidak boleh sama sekali, kasihan, telah menghabiskan uang negara begitu banyak, sayang tak di pakai," tambahnya.

Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Pesisir Selatan Alkisman menambhkan, bahwa pihaknya akan mencari jalan keluar terkait apa yang menjadi permasalahan di dua pasar tersebut.

“Banyak sekali permasalahan yang kita dengar di lapangan, selanjutnya bagai mana cara kita mengambil jalan tengahnya, sehingga pedagang bisa menikmati pasar itu,  apalagi dengan melemah dan melesunya perekonomian sekarang ini," katanya.

Sementara itu, pada hari yang sama tempat berbeda, komisi II DPRD Kabupaten Pesisir Selatan hearing bersama dewan pimpinan daerah (DPD) asosiasi petani kelapa sawit Indonesia (Apkasindo) Pessel, tepatnya di Cafe Alebis Inderapura.

Hearing dipimpin langsung wakil ketua Komisi II DPRD Kabupaten Pesisir Selatan Aljufri,SH, MH, dihadiri anggota komisi II diantaranya, Kusmanto, Ronaldi, Yusman, ketu DPD Apkasindo Pesisir Selatan Afrizal Kirun bersama anggota dan perwakilan mahasiswa.

Dalam pertemuan ini, komisi II DPRD Kabupaten Pesisir Selatan menerima laporan dari ketua DPD Apkasindo Pessel Afrizal Kirun menyebutkan, bawah di Pesisir Selatan harga tandan buah segar  (TBS) tidak sama dengan di Kabupaten lain, misalnya di Kabupaten Pasaman dan Dharmasraya, Pasaman Barat dan Solok Selatan.

"Harga TBS di Kabupaten Pesisir Selatan jahu lebih murah dibanding daerah lain, misalnya saja, di Kabupaten Pasaman Barat dan Kabupaten Dharmasraya, Solok Selatan," kata Afrizal Kirun ketua DPD Apkasindo Pesisir Selatan.

"Kami harapkan kepada DPRD kususnya komisi II sebagai wakil rakyat bisa mencarikan jalan terbaik, sehinggah harga TBS di Pesisir Selatan sama dengan di daerah lain," pungkasnya.

Komisi II DPRD Kabupaten Pesisir Selatan menampung keluhan petani sawit yang diwakili Apkasindo. "Kita akan bantu mencari solusi perbedaan harga TBS yang menjadi keluhan petani," pungkas ketu komisi II melalui Aljufri, SH, MH, sebagai wakil ketua komisi II DPRD Kabupaten Pesisir Selatan.

"Kita akan ajak perusahan di Pesisir Selatan duduk bersama, guna mencari pokok persolannya, apa yang salah. Dalam waktu cepat kami juga akan sampaikan ke pemerintah apa yang dirasakan petani, akan kami pertanyakan bagai mana teknisnya, mudahan ada jalan keluarnya," tambah Aljufri.(*)

NASIONAL

 
Top