mediaterobos.com 

Donggala- Untuk pelaksanaan TMMD dalam membuat jalan penghubung berupa jembatan, salah satu warga pergi ke hutan dengan membawa gergaji mesin untuk menebang pohon yang nantinya digunakan sebagai alas pembuatan jembatan.

Dengan suara mesin gergaji miliknya, Dume dengan cekatan menebang pohon dan membelahnya dengan ukuran yang telah ditentukan. Dengan asyiknya ia menebang pohon, satu per satu pun akhirnya bisa ditumbangkan dan dibelahnya.

“Pohon ini nantinya akan dipergunakan alas untuk jembatan penghubung dalam program TMMD. Tentunya kami menebang pohon ini harus sesuai dengan aturan dan sesuai dengan yang dibutuhkan. Jadi tidak sembarangan dalam menenbang pohon,” Katanya di lokasi penebangan di Desa Bobo.

Ia pun menceritakan bagaimana menebang yang baik dan membelah pohon yang baik kepada wartaan. “Untuk penebangan dan pembelahan pohon yang baik ya kita perlu memilih pohon yang tua terus lihat situasi sekeliling apakah dalam penebangan tersebut ada resiko besar atau tidak. Tentunya kita memilih yang resikonya kecil. Jadi tidak asal-asalan. Baru setelah yang kita butuhkan tertebang maka kita mulai untuk pembelahan sesuai dengan ukuran yang telah ditentukan,” Pungkasnya. (EDTR)
 
Top