mediaterobos.com


Pessel- Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Pesisir Selatan, mengadakan pelatihan Praktek Belajar Lapangan ( PBL) Family Devolopmen Seosen  Balai Diklat Regional 1 Sumatera, Minggu (9/9) di PBL Kantor Camat Koto XI Tarusan. 

Dalam kegiatan PBL kali itu perserta berasal dari Sumatera, kecuali Lampung dan Kepri. Yang berjumblah kurang lebih 120 orang peserta. Mendatangkan pemateri dari Widyaiswara Kemensos, dengan mode latihan 6 hari di lapangan dan 6 hari di kelas.

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Pesisir Selatan, Emirda Ziswati mengatakan, dipilihnya Kabupaten Pesisir Selatan oleh Kemensos sebagai pelaksana pelatihan PBL ini, bukan karena alasan. 

Sejak, tahun 2017 Lokasi kabupaten pesisir selatan dipilih karena daerah kita adalah penerima PKH sejak tahun 2007, artinya penerima PKH pertama sejak diluncurkan Kemensos.

" peserta PBL ini dari Pessel, Sumbar, dan Sumatera, dihadiri Kepala Diklat Regional 1 Sumatera
GRM Soeryo Darsono. Serta  para widyaiswara sebagai pendamping peserta diklat, " terang Kadis Sosial PPR dan PA Pessel.

Di tegaskanya, pelatihan kali ini adalah pendamping PKH yang dalam pola diklat ini memakai sistem sehari di lapangan sehari di kelas, atau mode latihan 6 hari di lapangan dan 6 hari di kelas. Sekaligus langsung praktek ke keluarga penerima manfaat PKH di lapangan. 

Adapun materi terbaru dalam pelatihan tersebut yaitu, fàmily developmen session. Dimana, setiap pendamping PKH wajib melakukan pertemuan dengan keluarga penerima manfaat PKH untuk  diajarkan dan diinformasikan tentang penggunaan dana yang diterima baik untuk kesehatan, pendidikan, berusaha dan juga masalah perlindungan anak dari tindak kekerasan.

Sekali lagi  Emirda menuturkan, FDS atau dalam bahasa Indonesia disebut P2K2, atau yang dijelas kan Program Peningkatan Keluarga Adalah Salah Satu dari program strategis kemensos untuk tahun 2019 nanti.

" Diklàt PBL akan berakhir tgl 17 September 2018 nanti," ujar Kadis. 

Penyerahan peserta diklat PBL ini langsung diserahkan oleh Kepala Balai Diklat Kemensos dan Dinsos Pessel, untuk diadakan pelatihan PBL, Minggu (9/9) bertempat  di Mesjid Raya Barung - Barung Belantai Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan. 

Dengan kegiatan ini kami berharap ada transfer ilmu dari peserta pelatihan kepada pendamping PKH yang ada di daerah kita. Karena kegiatan pelatihan akan dilaksanakan secara bertahap sampai tahun 2019 nanti sementara kebutuhan lapangan mendesak untuk dilakukan.  Daerah kita menerima peserta diklat untuk melaksanakan praktek belajar (PBL) diklatnya sendiri dilaksanakan dibalai diklat rogional I di kota Padang, harapnya.(**)
 
Top