Padang Panjang, mediaterobos.com - Takbir menggema, mengagungkan kebesaran Ilahi, di langit Kota Padang Panjang, Jumat, (31/7). Satu-persatu masyarakat berdatangan menuju Mesjid Islamic Center, menunaikan Sholat Idul Adha.

Suasana khidmat dengan memperhatikan protokol kesehatan Covid-19, terlihat pagi itu. Bertindak sebagai Imam, Muhammad Latif, S.Pdi dan Khatib Idul Adha Kasbi, S.Pdi, M. Ag.
Dalam Khutbah Idul Adha, Ustadz Kasbi mengajak para jamaah merefleksikan diri ketika kejadian Covid-19 melanda. Apa yang dihadapi saat ini merupakan ujian dari Allah SWT.

"Semua yang mengaku beriman dalam dirinya, di dalam hatinya, pasti diuji oleh Allah SWT. Semakin tinggi keimanan seseorang, semakin tinggi pula ujian yang diberikan oleh Allah SWT, ini mesti kita refleksi hari ini," katanya.

Kemudian, Ustadz Kasbi menyampaikan, jangan berputus asa terhadap ujian yang dihadapi. Seseorang hendaknya berikhtiar, berusaha, dan berupaya. " Bukankah, orang yang beriman ketika diuji, tidak pernah berputus asa terhadap ujian itu, cukuplah Nabi Ibrahim menjadi contoh kepada kita," ungkapnya.

Menyikapi ujian itu, lanjut Ustadz Kasbi, hendaklah dengan kebaikan. Seberapapun ujian yang diberikan Allah SWT tak akan pernah sebanding dengan nikmat yang diberikan-Nya. Dengan ujian, seseorang hendaknya tetap memperkokoh hubungan baik sesama manusia serta memiliki semangat berbagi.

Sholat Idul Adha di Kota Padang Panjang dilaksanakan di sejumlah masjid yang telah direkomendasikan oleh Pemko Padang Panjang. Dari keterangan Kepala Bagian Kesra Pemko Padang Panjang, Eri, mengatakan ada 32 mesjid dan 68 Mushalla yang menyelenggarakan Sholat Idul Fitri diantaranya, Masjid Islamic Center. ( Pul / Bahrun ).


NASIONAL

 
Top