Padang Panjang, mediaterobos.com - Perkembangan penyebaran kasus Virus Corona (Covid-19) di Indonesia khususnya di Provinsi Sumatera Barat yang semakin hari semakin meningkat mengakibatkan dampak ekonominya semakin dirasakan di semua lini masyarakat terutama di Kota Padang Panjang.

Kebijakan Penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Provinsi Sumatera Barat membuat masyarakat tak lagi bisa leluasa melakukan aktivitas diluar rumah termasuk para pedagang yang ingin berjualan. Semuanya harus mengikuti protokol kesehatan dan aturan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah.

Melihat hal tersebut para dermawan pun langsung bergerak cepat dalam membantu masyarakat di Kota Padang Panjang yang terkena dampak dari merebaknya kasus Covid-19. Berbagai bantuan berupa moril dan materil pun terus mengalir ke Pemerintah Kota Padang Panjang.

Walikota Padang Panjang melalui Kabag Perekonomian, Putra Dewangga mengatakan terhitung sejak bulan maret bantuan dari dermawan terus mengalir ke Pemerintah Kota Padang Panjang baik itu yang disalurkan langsung ke lapangan maupun melalui Pemko Padang Panjang sendiri.

Dijelaskannya, bantuan tersebut berasal dari berbagai sumber seperti, Pihak Perbankan, WAG Top 100 Sumbar, tokoh masyarakat (Anggota DPR dan DPRD), ASN Padang Panjang, PKK Kota, berbagai Komunitas, LKKS, Yayasan Pendidikan, dan juga dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Padang Panjang.

"Bantuannya ada berupa Alat Pelindung Diri (APD), konsumsi petugas posko, vitamin dan sembako untuk masyarakat, semuanya sudah dislurkan ada yang disalurkan langsung ke lapangan dan ada juga yang melalui Pemko Padang Panjang,"ucapnya.

Ditambahkannya, pada tanggal (17/05) kemarin, Flipper’s Organization juga telah membagikan sebanyak 290 paket bantuan sembako. Paket tersebut disalurkan untuk anggota Flipper’s yang terdampak di Padang panjang sebanyak 71 paket, dan yang terdampak Covid-19 di Jakarta sebanyak 21 orang, dan sisa sebanyak 202 paket untuk masyarakat kurang mampu di Kota Padang Panjang.

"Dan pada hari Rabu, (20/05) besok salah seorang putra daerah yang sekaligus Anggota Komisi IX DPR-RI dr. H. Suir Syam, M.Kes, M.M.R, juga akan menyalurkan bantuan 1000 paket Sembako kepada masyarakat Kota Padang Panjang yang akan diterima secara simbolis oleh Walikota Padang Panjang di Posko Induk Covid-19, "tambahannya.

Namun demikian untuk total keseluruhan dari bantuan yang telah diterima oleh Pemko Padang Panjang data detailnya belum bisa dikeluarkan karena pihaknya masih dalam tahap pengumpulan data bantuan Covid-19 dari awal. "Insyaallah secepatnya akan kita keluarkan data detailnya," pungkasnya. ( Pul / Bahrun )

NASIONAL

 
Top