TEROBOS 

Sumbar- Kader IMAPAR kedepannya harus antusias bergerak dibidang sosial sebagai bentuk kepeduliannya terhadap kehidupan dan kontrol sosial kemasyarakatan dalam membangun kampung halaman.

Hal ini disampaikan Angggota DPRD Sumbar, H. M. Nurnas saat jadi pemateri Masa Orientasi Anggota (Maota) Ikatan Mahasiswa Piaman Raya (IMAPAR), Jum’at (21/3/2020).

“Saya lebih cenderung mengajak kader imapar dalam bergerak kedepannya untuk tidak berpolitik, namun lebih kepada kontrol sosial kemasyarakatan,” kata H. M Nurnas

Menurutnya, Kader Imapar merupakan kaum intelektualitas yang berada dalam lingkungan Kampus bertitlekan agama, harus mampu melakukan kegiatan-kegiatan positif dan berperan mengajak masyarakat dalam memberantas permasalahan LGBT, Narkoba, Kriminal, perjudian dan hal-hal negatif lainnya.

“Kegiatan seperti itulah yang sebenarnya akan membawa perubahan dan kemajuan bagi daerah dan kampung halaman,” katanya.

Sebagai pemateri Mahasiswa dan Tanggung Jawab Sosial, Dia juga mengatakan, salah satu tanggung jawab kader IMAPAR yaitu dengan menghidupkan kembali Surau-surau serta menjaga keutuhan adat dan kebudayaan Piaman.

“Ketika pulang dikampung, alangkah lebih baik dilakukan wirid baik itu untuk remaja maupun untuk masyarakat. Nah disitulah nampak bahwasannya IMAPAR sebagai Pionir dalam pembangunan sumber daya manusia,” katanya

Selain itu dia menyampaikan, sebagai orang rantau mahasiswa pariaman harus mencerminkan bahwa kaum muda pariaman itu identik dengan kepandaiannya dalam bergaul, kecerdasannya dalam berfikir dan peduli dengan lingkungan sekitar. Dan ikut serta dalam kegiatan positif warga sekitar.

“Jika ada warga sekitar yang melakukan hal-hal negatif ajaklah untuk tidak melakukannya, dan apabila ada kegiatan positif maka ikutilah. Jika masyarakat goro ikuttlah membantu supaya keberadaan IMAPAR dirasakan berguna bagi lingkungan sekitar,” sampainya.

Dia juga berharap, Mahasiswa Piaman yang tergabung dalam organisasi IMAPAR di berbagai kampus di padang maupun yang merantau untuk bersatu membangun dan menjaga kampung halaman.(nov-fwp-sb)


Editor : Atiel

NASIONAL

 
Top