MEDIATEROBOS.COM 

Padang Pariaman- Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Padangpariaman Muhammad Fadhly menyatakan dinasnya melalui kebijakan Nagari go digital terus berupaya meningkatkan cakupan layanan Nagari go digital ke seluruh Nagari di Kabupaten Padangpariaman.

“Pada tahap awal telah kita tetapkan 24 Nagari go digital, penerbitan dokumen kependudukan langsung di Nagari maupun pilot project tahap kedua,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Padangpariaman Muhammad Fadhly, kemarin.

Katanyam sekarang Dukcapil Ceria melakukan fasilitasi layanan cetak dokumen kependudukan untuk 26 Nagari. Kegiatan ini diselenggarakan di ruang prisma Dukcapil dilakukan melalui penyampaian kebijakan strategis Dukcapil Go Digital.

“Saya langsung menyampaikannya,” ujar Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Padangpariaman Muhammad Fadhly, kemarin.

Katanya, kebijakan strategis Dukcapil dilakukan melalui terobosan layanan adminduk melalui pemanfaatan teknologi informasi untuk efektivitas pelayanan. Terobosan dalam bentuk inovasi Dukcapil Ceria Mobile (DC mobile) dan aplikasi si Pakem.

Dikatakan, kebijakan Nagari digital mendapat sambutan yang antusias dari Pemerintah Nagari. Seperti Wali Nagari Sungai Abang Alung Ichwan Bustami yang berjanji akan meningkatkan kapasitas bandwith internert serta menyediakan printer laser jet khusus untuk kegiatan layanan Nagari go digital di Kantor Nagari. Hal yang sama juga  dilakukan oleh Wali Nagari Gunuang Padang Alai Muslim, dengan dukungan internet yang memadai di Nagari, dia berjanji akan melakukan sosialisasi secara intensif kepada masyarakat.

Sambutan antuasias juga disampaikan oleh Wali Nagari III Koto Aur Malintang Timur dan Sekretaris Nagari III Koto Aur Malintang Utara, Leli Marlina. Nagari III Koto Aur Malintang Timur sebagai salah satu Nagari yang berada di wilayah perbatasan serta kondisi geografis perbukitan sangat membantu masyarakat dengan adanya layanan Nagari go digital. Begitu juga dengan Nagari III Koto Aur Malintang Utara yang secara geografis lebih dekat kepada Ibukota Kabupaten Agam, dengan adanya layanan Nagari go digital akan memudahkan masyarakat untuk mendapatkan layanan adminduk tanpa harus datang ke Kantor Dukcapil Ceria di Pariaman.(hms)

NASIONAL

 
Top