Padang Panjang, mediaterobos.com- Komisi III Kunjungi Dinkes dan RSUD BPJS dan Pelayanan Pasien Jadi Perhatian BPJS dan Pelayanan Pasien di RSUD menjadi perhatian utama oleh Komisi III DPRD Kota Padang Panjang saat mengunjungi Dinas Kesehatan dan RSUD Kota Padang Panjang. 

Ini merupakan kunjungan kedua dari Komisi III DPRD Kota Padang Panjang dimana Komisi III ini diketuai oleh Yudha Prasetia rombongan terdiri dari Drs. Aditiawarman, Idris Alhafiz, Yovan Fadayan Remindo, S.I.Kom, Drs. Nasrul Effendi serta Sekretariat DPRD Zulkifli, SH, Yunengsih, S. Sos, Bustanul Bahri, SH dan Wahyu. 

Dalam pertemuan tersebut Kepala Dinas Kesehatan Drs. Nuryanuar, SKM, MMR yang didampingi Sekretaris Dinas dan seluruh Kabid dan Kasubid dijajaran Dinas Kesehatan menyampaikan ekposnya bahwa tahun 2019 cukup banyak prestasi dan penghargaan yang diperoleh Dinas Kesehatan baik di tingkat nasional, provinsi dan kota. 

Dilanjutkan sejak tahun 2019 Dinas Kesehatan sudah laksanakan PSC 119 dengan pelayanan 24 jam dan tahun ini tetap berjalan. Berkaitan dengan pelaksanaan program dan kegiatan tahun 2019 pada umumnya terlaksana dan mencapai 98 porsen,  kecuali ada satu kegiatan yaitu pembuatan jamban keluarga untuk KK miskin yang terkendala dengan persoalan teknis. 

Disamping itu, Ketua Komisi III Yudha Prasetia menyampaikan bahwa hari ini merupakan kunjungan di hari kedua pada OPD mitra kerja yaitu Dinas Kesehatan dan RSUD Kota Padang Panjang. 

Harapan beliau pada Sekretaris dan seluruh Kabid serta Kasubid dijajaran Dinas Kesehatan dapat melaksanakan tugas lebih maksimal setelah adanya mutasi pada tanggal 2 januari 2020 yang lalu. 

Terkait dengan BPJS Ketua Komisi III mengharapkan adanya upaya dari Kepala Dinas Kesehatan untuk bisa memperjuangkan kembali program JKMPP karena ada beberapa daerah lain seperti Bali, Jogja dan Kab. Lahat tidak menggunakan BPJS tetapi cukup dengan menggunakan KTP saja bisa dilayani berobat di Puskesmas dan RSUD. 

Harapan yang sama juga disampaikan oleh anggota Komisi III Drs. Nasrul Effendi agar bisa kita laksanakan seperti yang pernah dilakukan dulu oleh Walikota saat itu dr. Suir Syam, M. Kes MMR. Mengingat APBD Kota Padang Panjang Tahun ini mengalami defisit diminta upaya Kepala Dinas Kesehatan menjemput bola ke Pusat melalui Kementerian Kesehatan sehingga beban BPJS yang harus ditanggung APBD dapat dikurangi. 

Seterusnya Drs. Aditiawarman menyampaikan masih adanya masyarakat yang terkendala dalam berobat dengan adanya tagihan atas tunggakan pembayaran BPJS Mandiri. 

Idris Alhafiz juga menambahkan bahwa sejak BPJS diluncurkan ada satu daerah yang tidak menggunakan BPJS yaitu Jembrana di Bali. 

Selanjutnya juga diharapkan upaya dari Kepala Dinas Kesehatan untuk memikirkan lokasi kantor kedepan yang lebih strategis dan milik pemerintah daerah. Setelah kunjungan ke Dinas Kesehatan rombongan Komisi III DPRD Kota Padang Panjang langsung menuju RSUD yang telah diagendakan pada hari ini. 

Direktur RSUD dr. Ardoni dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kunjungan yang dilakukan oleh Komisi III pada OPD mitra kerja. Pada kesempatan ini Direktur RSUD juga perkenalkan jajarannya mulai dari Kabag TU, Kabid dan Kasi serta staf yang hadir. Selanjutnya Ketua Komisi III dalam sambutannya menanyakan kegiatan RSUD pada tahun 2020. 

Kemudian juga disampaikan kelemahan yang masih ada di RSUD adalah pelayanan pada masyarakat, untuk itu beliau mengharapkan adanya upaya peningkatan dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dengan menyarankan untuk diberikan bimbingan teknis kepada personil yang memberikan pelayanan langsung secara bergantian atau bertahap. 

Setelah dilanjutkan dengan penyampaian saran dan masukan dari anggota Komisi III serta penjelasan teknis terhadap perkembangan RSUD oleh Direktur, rombongan Komisi III melanjutkan kunjungan lapangan ke ruang IGD dan berbagai ruangan lainnya untuk melihat secara langsung terhadap sarana dan prasarana serta peralatan medis yang sudah ada saat ini dan yang akan dibutuhkan untuk peningkatan pelayanan pada masyarakat kedepan di RSUD.(pul) 
,
 
Top