Padang Panjang, mediaterobos.com - Persoalan pasar menjadi salah satu sorotan dari anggota dewan saat rapat gabungan  Komisi I ,II dan III DPRD dengan Pemko Padang Panjang, Jumat (9/8). DPRD meminta pemerintah selalu hadir dan responsif terhadap keluhan para pedagang  Pasar Pusat Padang Panjang.

Sekretaris Daerah Kota Padang Panjang, Sonny Budaya Putra, AP, M. Si menjelaskan sebenarnya Pemko sangat menaruh perhatian dan responsif terhadap keluhan para pedagang.

Sebagai salah satu bentuk respon terhadap keluhan yaitu  terkait akses jalan di Blok C Pasar Pusat Padang Panjang Khatib Sulaiman yang diminta oleh pedagang.

" Saat ini sedang ada proses tender 
Tidak perlu menunggu 2020 karena Ini sudah berjalan," ungkap Sekdako Sonny Budaya Putra. Dengan dibuka nya akses jalan di Blok C itu diharapkan transaksi jual beli semakin meningkat.

Terkait kehadiran pemerintah di tengah  masyarakat pasar, dijelaskan Sekdako Sonny Budaya Putra,  bahwa dalam dua bulan ini sudah sekian kali Walikota hadir di Pasar Pusat Padang Panjang secara non formal. Dalam forum forum tertentu masalah pasar ini selalu menjadi topik.

Bahkan saat ini Pemerintah Kota Padang Panjang telah melakukan survey pendataan aktivitas pedagang yang tidak sesuai harapan untuk dicarikan solusinya.

Walikota Padang Panjang H.  Fadly Amran, BBA, Dt .Paduko Malano saat ini sudah memerintah kan kepada pegawai untuk melakukan transaksi di Pasar Pusat Padang Panjang. " Ini juga salah satu bentuk kehadiran  pemerintah di tengah masyarakat pasar, meski sentuhannya tidak terlalu banyak ungkap  Sekdako Sonny Budaya Putra.

Lebih lanjut kebijakan saat ini, para pedagang hanya membayar hak sewa dan tarif listrik sesuai pemakaian. Tidak ada lagi biaya biaya lain.

Saat rapat tersebut Wakil Walikota Drs. Asrul meminta Sekdako  Sonny Budaya Putra menambahkan penjelasan dari  sejumlah pertanyaan anggota dewan terkait masalah pasar dan persoalan lainnya.

" Setiap bulan nantinya akan ada Car Free Day di Pasar. Dari situ nantinya ASN bisa berbelanja di Pasar Padang Panjang," kata Wakil Walikota  Drs. Asrul.

Rapat dihadiri seluruh Kepada OPD dan sejumlah pejabat Pemko terkait. (pul)
,
 
Top