Pariwara Pemko Padang Panjang

Pajak menjadi aset dalam memberikan pendapatan untuk pembangunan daerah. Pendapatan tersebut diperoleh dari kontribusi masyarakat dan pengusaha dalam bentuk Pajak.

Pemko Padang Panjang melalui Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) menggelar Gebyar Pajak Daerah 2019, guna untuk memberikan motivasi atau dorongan kepada masyarakat agar tertib dan taat dalam membayar pajak daerah.


Walikota Padang Panjang Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano membuka sekaligus memberikan penghargaan untuk rumah makan, resto dan penginapan  bagi yang taat pajak dan melakukan penandatangangan penyerahan Becak Motor yang di sponsori oleh Bank Nagari di Lapangan Khatib Sulaiman Banca Laweh, Minggu (28/4).

Fadly mengatakan bahwa pendapatan khususnya yg bersumber dari Pajak di Padang Panjang selama ini belum maksimal, hal tersebut merupakan indikator rendahnya tingkat kesadaran masyarakat dalam membayar pajak.


Hal seperti inilah yang menjadi antisipasi bagi Pemko untuk terus mengingatkan masyarakat dan pengusaha agar disiplin membayar pajak. "Kita berharap kesadaran itu dapat diterapkan oleh masyarakat dan pengusaha," ujarnya.

Tidak hanya itu, Fadly juga menambahkan bahwa melalui kegiatan gebyar pajak ini, dapat mengingatkan kembali bagi masyarakat dan pengusaha karena membayar pajak merupakan kewajiban. "kedepannya masyarakat itu sendiri sadar kewajiban mereka dalam membayar pajak," tambah Fadly.

Sejalan dengan itu, Kepala BPKD Indra Gusnady, SE, M.Si menyebutkan penyelenggaraan gebyar pajak ini  merupakan bentuk penghargaan kepada masyarakat yang sadar dalam membayar pajak, baik itu Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), Pajak Hotel atau Wisma atau Pajak Restoran.

Selain itu, untuk menarik kesadaran masyarakat, pada gebyar ini disuguhkan beberapa hadiah bagi masyarakat yang telah menyelesaikan pembayaran pajak dengan pemberian kupon.

"Kami berharap pendapatan di Padang Panjang melalui gebyar pajak ini mengalami peningkatan, serta kegiatan ini akan berlangsung setiap dua kali dalam setahun," jelas Indra.


\Seiring dengan itu, Pimpinan Bank Nagari Cabang Padang Panjang Zulhendri, SE menambahkan bahwa pemberian becak motor adalah sebagai bentuk kepedulian untuk masyarakat agar tetap menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

Gebyar tersebut juga dimeriahkan dengan penukaran kupon sembako murah yang diserahkan oleh Kepala Dinas Perdagkop UKM Arpan, SH. Disamping dihadiri dihadiri Walikota Padang Panjang Fadly Amran, BBA, juga hadir Penjabat Sekda Martoni, S.Sos, M.Si, unsur Forkopimda, Kepala OPD, Pimpinan Bank BRI, Kepala Pajak serta masyarakat dan tamu undangan.

Sementara itu, beberapa penghargaan diterima oleh Rumah makan Pajok Bambu, Baramas dan Sate Mak Syukur, sedangkan untuk penginapan yakni Wisma Pangeran dan Wisma Syahidah Diniyyah Puteri. (Pul)




 
Top