mediaterobos.com 

Jatisari- Kegiatan non fisik TMMD Ke 104 Kodim Bekasi gelar  sosialisasi bela negara pada pelajar siswa -siwi  SMK Bina Leastari Plus di Jl. HM. Tohir Bojongsari  Kel. Jatisari Kec. Jatiasih Kota Bekasi.Selasa (19/3/19)

H. Aminulloh dari Bintaldam Jaya  dalam penyuluhannya mengatakan, Pendidikan Pendahuluan Bela Negara (PPBN) sendiri adalah pendidikan dasar bela negara guna menumbuhkan kecintaan kepada tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara Indonesia, keyakinan akan kebenaran Pancasila sebagai ideologi negara, kerelaan berkorban untuk negara, serta memberikan awal bela negara.

"Saya berharap Dengan adanya penyuluhan ini para pelajar bisa mengerti dan sadar akan pentingnya bela negara serta memiliki kemampuan bela negara yang kuat demi terwujudnya keamanan wilayah NKRI.” Jelasnya.

Aminulloh  menjelaskan, Unsur Dasar Bela Negara antara lain, Cinta Tanah Air, Kesadaran Berbangsa & bernegara, yakin akan Pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara serta memiliki kemampuan awal bela negara. 

"Contoh-contoh Bela Negara adalah melestarikan budaya, belajar dengan rajin bagi para pelajar, taat akan hukum dan aturan-aturan negara dan mencintai produk-produk dalam negeri." Ungkapnya 

Lebih jauh disampaikan pada pelajar kesadaran bela negara itu pada hakikatnya adalah kesediaan berbakti pada negara dan kesediaan berkorban membela negara. Spektrum bela negara itu sangat luas, dari yang paling halus, hingga yang paling keras. Mulai dari hubungan baik sesama warga negara sampai bersama-sama menangkal ancaman nyata musuh bersenjata. Tercakup di dalamnya adalah bersikap dan berbuat yang terbaik bagi bangsa dan negara..

"Bela Negara tidak sama dengan wajib militer atau juga angkat senjata, Bela Negara dapat dilakukan sesuai dengan peran warga masyarakat yang ada. Penyuluhan, pembinaan dan memberikan bantuan hukum bagi rakyat miskin di Indonesia adalah Bela Negara,” tegasnya.(*)
 
Top