mediaterobos.com 

Donggala- Tampak Edi Febrianto (35) botak, teknisi mesin dari Desa Bakubakulu dan koko (34) Desa Bobo Kecamatan Palolo, sedang memperbaiki armada pengangkut material TMMD Reguler 104 Donggala  yang mengalami kerusakan di pertigaan jalan yang mengarah ke Desa Pecalungan dan Bakubakulu. Sabtu (17/03/2019).

Sebelumnya, dua buah truk hilir-mudik melahap tanjakan Bakubakulu-Bobo yang cukup ekstrim guna mendorong material tepat sasaran TMMD.

Pada kesempatan tersebut, Edi Febrianto sedikit membagikan ilmu secara garis besar tentang 10 TIPS MERAWAT MESIN MOBIL MANUAL YANG BAIK. 

Pertama rajin mengecek starter mobil, kedua mengganti oli secara rutin, ketiga selalu cek cairan radiator atau coolant, keempat membersihkan filter karburator, kelima mengecek timing belt, keenam periksa kondisi knalpot agar tidak tersumbat.

Selanjutnya, ketujuh adalah memakai spare part original, delapan melakukan penarikan gas dengan kuat sesekali dengan tujuan menghilangkan kerak-kerak pada bagian mesin dan sembilan tune up rutin sehingga kondisi komponen-komponen vital mesin mobil akan diperiksa secara menyeluruh. Terakhir adalah memenuhi tangki mobil dengan BBM agar bagian atas tangki tetap bersih dan terhindar dari kerak.

Point kesepuluh mungkin terlihat sepele karena banyak orang yang ternyata tidak pernah mengisi tangki bensin secara penuh. Kebiasaan ini dapat menyebabkan bagian atas tangki yang tidak pernah terkena cairan akan dipenuhi dengan kotoran dan kerak sehingga akan sangat membahayakan apabila kotoran dan kerak tersebut tercampur dengan bahan bakar dan terbawa ke dalam saluran pembakaran.

Inilah 10 tips yang dibagikan Edi kepada Serka Fansko, tentang resep atau kiat-kiat pengalamannya sebagai mekanik agar mobil mesin tetap terjaga. (*).
 
Top