mediaterobos.com 

Talaud- Operasi Bhakti TNI lewat Program TNI Manunggal Membangun Desa ( TMMD ) ke - 104 Tahun Anggaran 2019 di wilayah Kodim 1312/ Talaud yang dipusatkan di Desa Rusoh, Kecamatan Beo Selatan secara resmi telah ditutup oleh Danrem 131/ Santiago Brigjen TNI Joseph Robert Giri, S.IP, M.Si Rabu (27/3/2019) pada upacara penutupan di Lapangan Sangkudiman Melonguane.

Bertindak selaku Inspektur Upacara Penutupan adalah Danrem 131/Stg, sedangkan  Komandan Upacara  adalah Danramil 1312 - 07 Miangas Mayor Inf Davidson Rading. 

Selaku penanggung jawab operasional TMMD, Kepala Staf  Angkatan Darat Jenderal TNI Andika Perkasa dalam amanatnya yang dibacakan Irup mengatakan upacara penutupan ini sekaligus menandai berakhirnya Program TMMD ke-104 yang dilaksanakan serentak di 50 kabupaten/ kota di seluruh Nusantara. TMMD yang diprogramkan 3 kali di tahun 2019 ini adalah wujud pengabdian TNI 
bersama Kementerian dan Lembaga Negara lainnya, untuk membantu mempercepat pembangunan di daerah demi tercapainya kesejahteraan bagi rakyat. 

" Sejalan dengan tema TMMD kali ini, saya mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bekerja bersama-sama membangun daerah, guna mengatasi berbagai masalah dan tantangan di bidang teknologi, ekonomi dan sosial budaya. Untuk itulah selama TMMD ini para Prajurit TNI hadir di tengah-tengah rakyat, menyebarkan semangat gotong-royong dan energi positif untuk maju mencapai keunggulan," ujar Kasad 


Tak lupa pula Ia menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh pihak, terutama Pemerintah Daerah dan masyarakat, atas segala dukungannya, sehingga TMMD ini dapat berjalan lancar dan mencapai target yang diharapkan

 Upacara ini turut dihadiri Bupati Kepulauan Talaud yang diwakili Sekda Ir.Adolf Binilang bersama sejumpah pejabat teras di lingkup pemda, Dandim 1312/ Talaud Letkol Arm Gregorius Eka Setiawan, SE, M.I.Pol, Danlanal Melonguane  Letkol Mar Augustinus Purba,SE, Kapolres Kepulauan Talaud AKBP Prasetya Sejati,SIK ,  sejumlah perwira menengah di Korem 131/ Stg bersama Dandim  1301/ Sangihe dan Dandim 1310/ Bitung, Kadis Pengelola Kawasan Perbatasan Sulu Djemmy Gagola, Kasipidum Kejari Kepulauan Talaud Bobby Selang, Kabandara Melonguane Saptono, tokoh masyarakat dan tamu undangan lainnya.

Adapun susunan pasukan Upacara terdiri dari  1 SSK Satgas TMMD ke 104 ( Yonif 712/Raider),  1 SSK gabungan Kodim 1312/Talaud dan Lanal Melonguane,  1 SSK gabungan Brimob Talaud dan Polres Talaud, 1 SSK gabungan Satpol PP, Dishub, dan Mahasiswa peserta KKT di TMMD ke - 104, 1 SSK  anggota pramuka/ Siswa SMA/SMK, 1 SSK  anggota pramuka / Siswa SMP dan SD. 

Setelah upacara, kegiatan dilanjutkan dengan  Penandatanganan prasasti  Jalan produksi oleh Komandan Korem 131/ Stg  dan prasasti Fasilitas umum Objek wisata oleh Komandan Kodim 1312/ Tld,  Penyerahan piagam penghargaan kepada Rektor Unsrat Manado,  Ikatan Alumni SMU taruna Nusantara, Kepala Desa Rusoh Darwin Saluan, Irat Tawai, warga desa yang menghibahkan tanah  untuk pembangunan jalan produksi, Edo Edwar A. Kahimpon mahasiswa peserta KKT dari Unsrat manado oleh komandan Korem 131/ Stg, Penyerahan sembako kepada Masyarakat  Desa Rusoh oleh Komandan Korem 131/ Stg.

Penutupan tersebut juga diisi dengan acara hiburan seperti Tarian Bara'a dari siswa SMA Neg 1 Melonguane,  Tarian Mabailla dari  Siswa Siswi Sekolah SMA 1 Melonguane ,  Pato pato dari masyarakat Kecamatan Rainis, Tarian 4 Wayer oleh seluruh tamu undangan dan masyarakat yang hadir diringi musik tradisional Talaud bernama Tambore, Pengobatan Gratis dan  Bazaar Murah.(*)
 
Top