mediaterobos.com 

Nias -Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Nias untuk Tahun 2020, merupakan RKPD Tahun Ke Empat dalam dokumen RPJMD Kabupaten Nias Tahun 2016-2021.

Demikian disampaikan Wakil Bupati Nias Arosokhi Waruwu,SH,MH dalam arahannya disaat membuka secara resmi Forum Perangkat Daerah bidang kesehatan Kabupaten Nias, digedung Serba guna Salak madu, Rabu (20/02/2019) kemarin.

Dijelaskan Arosokhi, kedudukan RKPD Tahun 2020 memiliki arti yang sangat strategis yaitu untuk memastikan serta memantapkan capaian pembangunan yang telah dilaksanakan pada tahun-tahun sebelumnya dengan terus melakukan perbaikan dan penyempurnaan pada upaya-upaya yang dilakukan Pemerintah Daerah serta mensinergikan capaian pembangunan berkelanjutan secara fisik, sosial dan ekonomi.

Demikian juga sejalan dengan arah kebijakan pembangunan di Kabupaten Nias tahun 2020,maka didalam mewujudkannya keterpaduan serta kedekatan dengan pencapaian prioritas Nasional dan Provinsi yang menjadi beban daerah.


Berdasarkan Permendagri RI Nomor 86 Tahun 2017, salah satu tahapan penyusunan RKPD adalah penyusunan rencana awal RKPD, yang selanjutnya didalam proses perumusan Rancangan Awal RKPD dimaksud perlu dilaksanakan Forum perangkat daerah/lintas perangkat Daerah.

Kegiatan ini memiliki beberapa tujuan yang sangat strategis antara lain menyelaraskan program dan kegiatan yang terdapat didalam renja perangkat daerah dengan usulan program dan kegiatan perangkat daerah sesuai dengan tupoksinya.

RKPD Kabupaten Nias Tahun 2020 sejalan juga dengan capaian prioritas Nasional 1 yaitu Pembangunan Manusia, diharapkan dapat menuntaskan beberapa target pembangunan yang belum tercapai antara lain peningkatan akses dan mutu pelayanan kesehatan, peningkatan derajat kesehatan ibu, anak, keluarga berencana dan kesehatan Reproduksi, penanganan masalah gangguan pertumbuhan pada anak.

"Dimana berdasarkan hasil pemantauan status gizi Kemenkes RI Tahun 2017 angka stunting secara Nasional berada di Level 29,6%." Ujar Arosokhi.

Selanjutnya yang perlu mendapat perhatian lebih adalah peningkatan kualitas pelayanan puskesmas dan jaringannya, lanjutan pembangunan gedung baru RSUD Gunungsitoli, pemberdayaan ekonomi kemasyarakatan melalui pemanfaatan Dana Desa, peningkatan sarana dan prasarana pendidikan serta pemberian beasiswa kepada siswa SD,SMP yang berprestasi, berkurangnya jumlah desa terisolir yang tidak dapat dijangkau kendaraan roda empat, pembangunan infrastruktur jalan diwilayah Soziona, penataan kawasan ibukota serta pembangunan sarana dan prasarana Pemerintahan.

"Secara khusus yang perlu mendapat perhatian dalam Forum bidang kesehatan ini adalah pemerataan pembangunan kesehatan melalui peningkatan perilaku kemandirian masyarakat serta upaya promotif dan preventif, pengalokasian anggaran untuk masyarakat miskin yang mendapat jaminan kesehatan masyarakat, pembangunan RSUD kelas D, pembangunan rumah dinas bidang kesehatan serta pengembangan aplikasi umum yang memberikan pelayanan secara elektronik khususnya di bidang kesehatan.

Sebelumnya dilaporkan ketua panitia penyelenggara Forum ini Rahmani O.Zandroto, SKM bahwa dasar pelaksanaan kegiatan ini yaitu UU Nomor 25Tahun 2004 tentang sistem perencanaan Pembangunan Nasional; Petunjuk Teknis penyelenggaraan Forum perangkat daerah Kabupaten Nias Tahun 2019; Keputusan kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Nias Nomor : 130/08/K/Program/2019= Tanggal 04 Pebruari 2019 tentang Penghunjukan panitia penyelenggara Forum perangkat daerah Bidang kesehatan Kabupaten Nias Tahun 2019.

Tujuan Forum ini yakni menyelaraskan program dan kegiatan OPD bidang kesehatan, dengan usulan program dan kegiatan hasil penelaahan pokok-pokok pikiran DPRD dan hasil Musrenbang RKPD Kecamatan lingkup Pemerintah Kabupaten Nias.(trh)
 
Top