Padang Panjang, mediaterobos.com - Dalam menyukseskan pola hidup sehat bagi masyarakat Padang Panjang, Pemko menggelar Sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) dengan kampanye "SERAMBI MEKAH" di Gedung M. Syafe'i, Sabtu (9/2).

Sosialisasi tersebut dibuka oleh Wakil Walikota Drs. Asrul. Dalam sambutannya, Asrul mengatakan saat ini kesehatan masyarakat tengah mengalami perubahan pola penyakit yang ditandai dengan meningkatnya kematian dan kesakitan akibat Penyakit Tidak Menular (PTM) seperti stroke, jantung, kanker, diabetes dan hipertensi.

Resiko PTM menjadi semakin tinggi disebabkan oleh transisi demografi, semakin meningkatnya proporsi dan jumlah penduduk dewasa dan lanjut usia yang rentan terhadap penyakit demogratif.

"Akibat tingginya kesakitan tersebut dikarenakan perubahan pola hidup masyarakat yang cenderung tidak aktif secara fisik, kebiasaan merokok dan pemakaian alkohol", sebut Asrul.

Kecenderungan masyarakat yang makan makanan olahan yang tinggi mengandung gula, garam dan lemak, ditambah dengan rendahnya mengkonsumsi buah dan sayur sehingga mengakibatkan obesitas dan gangguan pencernaan.

Promotif dan preventif  merupakan upaya yang sangat efektif untuk mencegah meningkatnya kematian dan kesakitan akibat penyakit menular dan tidak menular.

"Hal ini memerlukan suatu gerakan yang sistematis dan terus menerus untuk mendorong masyarakat agar berperilaku hidup sehat", jelasnya.

Gerakan masyarakat hidup sehat merupakan upaya untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan keinginan bagi setiap orang untuk hidup sehat dan seimbang.

Upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat khususnya di Padang Panjang melalui Germas diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang gaya hidup sehat dengan cara melakukan aktifitas fisik secara teratur dan terukur.

"Konsumsilah sayur dan buah setiap hari, kurangi rokok dan jauhi alkohol, serta lakukan deteksi dini secara berkala dengan aksi CERDIK (cek kesehatan secara rutin, enyahkan asap rokok, rutin berolahraga, istirahat yang cukup dan kelola stres dengan benar)", tambahnya.

"Melalui Germas Hidup Sehat kita wujudkan masyarakat Padang Panjang yang peduli terhadap kesehatan, sehingga bisa meningkatkan produtifitas penduduk dan menurunkan beban biaya pelayanan kesehatan di masing - masing individu", ajaknya. (gto)
 
Top