mediaterobos.com 

Gunungsitoli-Musrenbang Kecamatan Gunungsitoli, secara resmi dibuka oleh Camat Gunungsitoli Eko Aryanto Tello Zebua S.Kom,M.Si, yang digelar di Ruang Aula Kantor Camat Gunungsitoli, Kamis (07/02/2019).

Pada Musrenbang tersebut dihadiri oleh Asisten II mewakili Walikota Gunungsitoli, kepala Bappeda Kota Gunungsitoli, kepala Dinas pendidikan kota Gunungsitoli, kadis perhubungan, unsur Forkopimka,  kasat Binmas Polres Nias, kepala Desa/lurah sekecamatan Gunungsitoli, ketua BPD sekecamatan Gunungsitoli, ketua LPM, ketua DPC LPM Kecamatan Gunungsitoli, ketua BKAD, tenaga ahli dan  pendamping Desa,  anggota DPRD KOTA Gunungsitoli, Tokoh masyarakat serta undangan lainnya.

Dalam sambutannya Camat Gunungsitoli menyampaikan, Musrenbang merupakan kegiatan rutin tahunan dalam upaya menyusun perencanaan dibidang pembangunan melalui penjaringan aspirasi masyarakat dalam rangka menentukan prioritas yang menjadi permasalahan di Kecamatan Gunungsitoli.

Selanjutnya Musrenbang kecamatan adalah forum musyawarah Tahunan para pemangku kepentingan ditingkat kecamatan untuk mendapatkan masukan prioritas kegiatan pembangunan diwilayah kecamatan Gunungsitoli, masukkan ini sangat penting sebagai dasar penyusunan rencana pembangunan daerah Kota Gunungsitoli Tahun 2020 yang akan diajukan kepada organisasi perangkat daerah sebagai dasar penyusunan rencana kerja satuan perangkat daerah Kota Gunungsitoli pada Tahun 2020.

"Untuk Musrenbang Kecamatan Gunungsitoli, marilah kita tentukan kegiatan prioritas untuk kesejahteraan rakyat dengan hasil memperhatikan aspirasi dari kita semua dan juga hasil evaluasi Musrenbang Tahun yang lalu serta melihat pagu indikatif atau ketersediaan dana dari Pemerintah baik dari Daerah, Provinsi dan dari pusat lewat APBD dan APBN. Terang Eko.

Diakhir katanya Dia berharap kepada seluruh hadirin untuk mengikuti kegiatan ini.

"Saya berharap kepada seluruh yang hadir dalam kegiatan ini marilah kita mengikutinya dengan sungguh-sungguh mulai dari awal hingga berakhirnya nanti kegiatan Musrenbang ini.

Asisten II mewakili Walikota Gunungsitoli dalam arahannya menyampaikan Musrenbang yang dilaksanakan saat ini pada hakekatnya merupakan forum strategis para pemangku kepentingan di kecamatan untuk membahas hasil-hasil Musrenbang disetiap Desa dan kelurahan yang akan menjadi suatu prioritas pembangunan di wilayah Kecamatan.

Arah Kebijakan pembangunan Daerah Tahun 2020 sebagai Tahun tetap secara umum difokuskan pada pemantapan pencapaian kinerja pembangunan yang telah dilaksanakan Pada Tahun sebelumnya, dengan terus melakukan perbaikan dan penyempurnaan pada sasaran pembagunan yang masih belum tercapai.

Berdasarkan arah kebijakan itu, maka Tahun 2020 Pemerintah Kota Gunungsitoli yang telah dirumuskan  adalah optimalisasi pembangunan wilayah untuk mendorong keseimbangan petumbutuhan dan daya saing daerah.

Diakhir katanya Dia berharap agar  penyusunan prioritas pembangunan Kecamatan Gunungsitoli Tahun 2020 melalui Musrenbang ini diselaraskan dengan arah kebijakan dan Tema pembangunan Kota Gunungsitoli Tahun 2020.

Sebelum nya Sekcam Gunungsitoli Mario Zebua melaporkan,  dasar pelaksanaan Musrenbang ini yakni surat keputusan Camat Gunungsitoli No.142/02/PMDK/GS/2019 tanggal 30Januari 2019 tentang pembentukan panitia Musrenbang kecamatan Gunungsitoli Tahun 2019

Sumber dana pada pelaksanaan Musrenbang ini yaitu bersumber dari APBD Kota Gunungsitoli dalam hal ini Kantor Camat Gunungsitoli. (trh)
 
Top