mediaterobos.com 

Dharmasraya- 
Komandan Korem 032/Wbr Brigjen TNI Mirza Agus, S.I.P didampingi  Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan , melaksanakan tanam padi perdana di lokasi cetak sawah baru di Jorong Sibubuik Kampung Surau, Nagari Gunung Selasih, Kecamatan Pulau Punjung, Sabtu (29/12-2018).

Dalam kegiatan itu, turut hadir Dandim 0310 SSD, Letkol Inf Ivan Yusri, Asisten Bidang Pemerintahan, M. Yusuf, Kadis TPHP Sumbar, Kadis Pertanian Dharmasraya, Darisman. Kapolres Dharmasraya diwakili Kabag Ren Kompol Bahtiar Pane, Danramil pulau punjung Mayor inf Irwan, Wakil DPRD Dharmasraya Ampera. Dt Labuan Basah, Wali Nagari Gunung Selasih Edi Syahroni. Monti Sutan, Niniak mamak, Tokoh Masyarakat, serta ratusan masyarakat setempat.

Pada kesempatan tersebut, Danrem 032 Wirabraja, Brigjen TNI Mirza Agus, mengatakan, program cetak sawah baru ini dimaksudkan untuk memanfaatkan lahan yang tidak produktif. Serta sebagai upaya untuk mengganti lahan-lahan sawah yang secara nasional saat ini telah banyak dialihfungsikan. 

Alih fungsi lahan yang jika terus dibiarkan, sebutnya, akan dapat mengancam ketersediaan pangan di masa depan. "Maka program ini menjadi langkah strategis pemerintah, untuk mencegah hal itu. Untuk itu, saya berharap masyarakat tetap dapat menjaga sawah-sawah yang ada. Mari bersama kita wujudkan kemandirian pangan di Kabupaten Dharmasraya ini,"ungkapnya.


Ketika itu, Dandim 0310 SSD, Letkol Inf Ivan Yusri, menjelaskan lahan percetakan sawah baru itu dengan luas 50 hektar, yang sebelumnya lahan tersebut pemukiman dan sekarang telah dijadikan sawah dengan keinginan sendiri dari masyarakat setempat.

Sementara, Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan, ketika di wawancarai awak media, mengaku bangga dan senang melihat sejumlah lahan tidur di wilayah Kampung Surau kini telah disulap menjadi sawah. 

"Atas nama pemerintah daerah dan masyarakat, kami menyampaikan terimakasih kepada pihak TNI yang sudah membantu percepatan pelaksanaan program cetak sawah baru di Kampung Surau. Lahan yang sebelumnya adalah hutan dan tidak termanfaatkan, kini sudah diolah menjadi sawah, dengan bantuan TNI. Terimakasih pak Danrem dan jajarannya," ujar bupati.


Harapnya, melalui program cetak sawah baru yang terus dilaksanakan pemerintah bersama TNI AD selama beberapa tahun belakangan, cita-cita untuk meningkatkan kemandirian pangan dan kesejahteraan petani, dapat terwujud. 

"Saya juga berharap kepada petani, sawah baru yang sudah dicetak dan ditanami ini, dapat dijaga dan dimanfaatkan dengan baik. Jangan lagi dialihfungsikan. Berbagai bantuan telah digelontorkan pemerintah untuk membantu para petani, tinggal lagi semangat dan keseriusan para petani untuk mengelola sawah yang ada ini. Semoga ke depan petani makin sejahtera dan pangan kita swasembada,"katanya.(**)

Laporan: Penrem 032/Wbr

Editor: Ariel
 
Top