mediaterobos.com 

Kota Pariaman- Dengan adanya Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu (SLRT) kerjasama antara Pemko Pariaman dengan Kementerian Sosial RI ini, diharapkan dapat mengidentifikasi kebutuhan dan keluhan masyarakat miskin dan rentan miskin yang ada di Kota Pariaman, serta dapat melakukan rujukan kepada pengelola program perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan, yang dikelola oleh pemerintah.

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Walikota Pariaman Genius Umar, ketika memberikan sambutan menutup Bimbingan Teknis (Bimtek) SLRT dan Pusat Kesejahteraan Sosial (PUSKESOS) 2018 tingkat Kota Pariaman, bertempat di Aula Balikota Pariaman, Jum'at (14/9/2018).

"Dengan SLRT ini, masyarakat miskin yang telah terindefikasi di sistem, akan kita prioritaskan dalam menerima bantuan yang diberikan oleh pemerintah, baik bantuan dari pusat, provinsi dan daerah," tukasnya.

Walikota terpilih Kota Pariaman tahun 2018 ini juga mengungkapkan agar seluruh stakeholder, OPD yang terkait dengan kegiatan ini, hendaknya dapat saling bersinergi dengan program yang ada di instansinya masing-masing.

"Kepada para peserta Bimtek, agar dapat meneruskan ilmu yang didapatkanya selama 2 hari kegiatan ini berlangsung, dan kepada Fasilitator nantinya, dapat bekerja sesuai dengan yang telah ditentukan dan melaksanakannya dengan baik di desa/kelurahan, tempat ia ditunjuk," ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan layanan SLRT tersedia melalui Sekretariat SLRT di kabupaten/kota, Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos) dan fasilitator di tingkat desa/kelurahan yang akan mengidentifikasi masyarakat di daerah kerjanya.

Diprogram kerjanya menjadi Walikota periode 2018-2023, ia lebih mengutamakan program yang menjadi prioritas dalam kampanyenya, mulai dari sekolah gratis, bus sekolah gratis, kesehatan gratis, satu keluarga satu sarjana, dan kegiatan lainya yang bertujuan untuk mewujudkan taraf hidup dan perekonomian masyarakat Kota Pariaman menjadi lebih baik.

"Dengan semua yang kita lakukan nantinya, adalah untuk kemaslahatan masyarakat, sehingga keluarga sejahtera, dan peningkatan kesejahteraan masyarakat, betul-betul dapat kita wujudkan di Kota Pariaman yang kita cintai ini," tutupnya.

Hadir khusus dalam acara penutupan SLRT ini, Deputi Kantor Staf Kepresidenan RI, Gibran, Deputy Controller Division of Administration dari Idaho America Serikat, Mr. Chris Strow, Direktur Jenderal Pemberdayaan Sosial Kemensos yang diwakili oleh Ryan Widia Septiyanto dan jajaran, Kepala Dinas Sosial Kota Pariaman, Afnil dan jajaran selaku Panitia acara, Kadis Kominfo Kota Pariaman, Nazifah, serta 70 Peserta Bimtek SLRT.(*)

Sumber Kominfo Kota Paraman 
 
Top