Gunungsitoli,mediaterobos.com-Guna mempermudah kepada masyarakat dalam hal pengurusan dokumen kependudukan, maka Pemerintah Kota Gunungsitoli melakukan nota kesepakatan dengan Pengadilan  Negeri Gunungsitoli yang ditandai dengan penandatanganan MOU (Memorandum Of Understanding) antara Walikota Gunungsitoli Ir.Lakh6mizaro Zebua dengan ketua Pengadilan Negeri Gunungsitoli Mery Dona T.Pasaribu, SH, MH, bertempat diruang Aula Lt 2 Kantor Walikota Gunungsitoli, Rabu (15/08/2018).

Melalui penandatanganan MOU ini, ketua Pengadilan Negeri Gunungsitoli menyampaikan bahwa nota kesepahaman ini dibuat dan diharapkan dapat memecahkan masalah-masalah yang sering dihadapi dalam prosedur pengurusan dokumen kependudukan antara lain waktu prosedur pengurusan yang cukup lama dan biaya pengurusan yang cukup memberatkan masyarakat. Ujar Mery.

Dikesempatan itu Walikota juga menyampaikan apresiasi kepada pihak-pihak yang telah mengupayakan terjalinnya kerja sama ini.

"Tujuan MOU ini tidak lain adalah bentuk keberpihakan Pemerintah kepada masyarakat, dimana Pemerintah Kota Gunungsitoli memfasilitasi, sehingga master tidak lagi susah dalam mengurus segala hal  terkait dokumen kependudukan, seperti perihal biaya pengurusan dokumen yang ditanggung oleh Pemerintah atau dengan kata lain tidak lagi dikenai biaya apapun."Jelas Lakh6mizaro.

Lebih lanjut Dia memberitahu bahwa dalam mekanisme kedepan, pengurusan perbaikan kesalahan dalam dokumen kependudukan seperti Kartu keluarga, E-KTP dan dokumen kependudukan lainnya akan diselenggarakan sedekat mungkin dengan masyarakat terutama yang berada di Desa-desa.

"Proses sidang yang selama ini dilaksanakan di kantor Pengadilan Negeri Gunungsitoli akan langsung dilaksanakan dikantor-kantor kecamatan dengan mendatangkan Hakim Pengadilan ditempat pengurusan dokumen," katanya. 

Walikota berpesan agar para camat segera menginformasikan mengenai hal ini kepada para warga wilayahnya Masing-masing, sehingga maksud dan tujuan dari MOU ini dapat mencapai sasaran dengan baik. (Trh)
 
Top