Padang Panjang, Terobos – Melalui Kegiatan Capacity Bulding "Kita Tingkatkan Potensi Kreatif Masyarakat dan Pelaku Usaha Ekonomi Kreatif" untuk menunjang kepariwisataan Kota Padang Panjang, ujar Kepala Dinas Pariwisata melalui Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Busmar Candra, S.Kom, di Kantor Dinas Pariwisata (21/3).

Kegiatan Capacity Bulding dilaksanakan mulai tanggal 21 Maret hingga 23 Maret 2018 dengan 20 orang peserta yang merupakan utusan dari masing - masing Kelurahan serta mendatangkan Narasumber dari Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang yang bergerak di bidang kria (Desain Grafis).

Busmar Candra menyebutkan tujuan kegiatan capacity bulding guna memunculkan potensi - potensi serta bakat kreatifitas dari masyarakat agar bisa menghasilkan peluang usaha. "Dengan adanya peluang usaha nantinya kita dapat menyerap tenaga kerja yang akan berdampak pada peningkatan ekonomi yang akan menghasilkan masyarakat sejahtera," jelas Busmar.

Seperti yang telah disebutkan, kegiatan Capacity Bulding berbasis media dan iptek, dengan begitu materi yang diajarkan berupa desain grafis. Desain Grafis yang diajarkan nantinya dapat diterapkan atau di aplikasikan ke berbagai media. "Setelah mereka buat desainnya, mereka akan diajarkan langsung mengaplikasikannya ke berbagai media seperti baju, topi, gelas dan lainnya, dan untuk permulaan mereka akan mengaplikasikannya ke media baju menggunakan sablon yang manual," terang Busmar.

Sementar itu, yang lebih menarik lagi adalah desain yang dibuat tidak hanya menggunakan aplikasi tetapi bisa menggunakan bahan dari alam seperti daun kayu jati. Busmar berharap untuk kedepannya semoga dengan kegiatan ini ekonomi masyarakat akan meningkat serta bisa menghasilkan lapangan kerja sendiri. (Pul)
 
Top