Payakumbu,Terobos-Prestasi membanggakan kembali terukir di Kota Payakumbuh. Kali ini, Payakumbuh meraih nilai tertinggi se-Indonesia hasil seleksi akademik calon kepala sekolah yang dilakukan para asesor dari Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS) Solo.

Hal tersebut diungkapkan Asisten III Bidang Administrasi dan Umum, Iqbal Bermawi dalam sambutan Walikota pada acara pembukaan Pendidikan dan Pelatihan (diklat) Calon Kepala Sekolah di lingkungan Pemerintah Kota Payakumbuh tahun 2017, di Aula Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kelurahan Padang Alai Kec. Payakumbuh Timur, Selasa (22/8).

" Menurut informasi yang kami terima dari Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) selaku pelaksana kegiatan ini bahwa peserta yang mengikuti diklat ini adalah mereka yang telah lulus seleksi akademik yang dilakukan oleh para asesor dari LPPKS tanpa adanya interfensi dari Pemerintah Kota Payakumbuh. Menurut hasil asesor Kota Payakumbuh dalam seleksi akademik termasuk yang tertinggi di Indonesia,"  ungkap Iqbal.

" Dari perolehan tersebut, termasuk untuk kepala sekolah, artinya pembinaan dan penempatan serta pengangkatan kepala sekolah selama ini boleh dikatakan telah tepat, termasuk juga pembinaan keprofesionalan terhadap para guru dan tenaga kependidikan lainnya, " ujar Iqbal.

" Jika bicara masalah pendidikan, kami selaku kepala daerah selalu menetapkan pendidikan sebagai prioritas utama dalam pembangunan Kota Payakumbuh, ini sudah tertuang dalam visi dan misi yang kami susun. Pengembangan Sumber daya manusia itu sangat vital dalam meningkatkan pembangunan dan itu merupakan tugas utama sektor pendidikan, " kata Iqbal.

Dibalik banyak prestasi yang sudah diraih, tentu kita juga menyadari banyak sektor yang perlu kita benahi dibidang pendidikan diantaranya masih ada oknum yang mencoreng nama baik pendidikan baik itu masalah kawin cerai, indisipliner dan lain sebagainya.

Maka terhadap semua ini, kami akan melakukan pembinaan dan jika perlu diberi tindakan tegas sesuai aturan kepegawaian yang berlaku, kata Iqbal menyampaikan pesan Walikota Payakumbuh Riza Falepi.

" Oleh sebab itu, kepada bapak-bapak dan ibuk-ibuk selaku calon Kepala Sekolah masa depan maupun yang telah bertugas sebagai kepala sekolah sangat diperlukan komitmen dan kemampuan untuk mengembangkan kompetensi sebagai Kepala Sekolah.  Tantangan dan beban yang kita pikul semakin berat, sebagai pimpinan semakin kompleks diantaranya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat cepat, "  pesan Walikota.

Kegiatan diklat tersebut diikuti oleh 40 orang peserta dari 60 orang yang telah lolos seleksi akademik dan diantaranya 9 orang sudah menjabat Kepala Sekolah namun belum memiliki sertifikat.

Para peserta akan diterpa selama 7 hari dimulai tanggal 22 sampai dengan 28 Agustus 2017 di SKB Padang Alai dengan berbagai materi dari master trainer yang ditunjuk langsung oleh LPPKS Solo Jawa Tengah.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut master trainer dari LPPKS Solo Jawa Tengah yang diketuai oleh Gatot Dwi Atmadji, kepala BKPSDM Dafrul Pasi, Kepala Dinas Pendidikan A. H Agustion, Kepala Badan Narkotika Nasional Firdaus, Kepala SKB Riswandi, perwakilan dari Dinas Perhubungan, kepala-kepala unit pelaksana teknis (UPT)  pendidikan, hadirin dan undangan lainnya.

Materi yang diberikan didasarkan kepada Permendiknas No 13 tahun 2007 tentang Kompetensi Kepala Sekolah, yaitu kompetensi manajerial, kewirausahaan, supervisi, kepribadian dan kompetensi di bidang sosial. (yon)

 
Top