Padang Panjang, mediaterobos.com – Ketua Tim Konsultan dari PT. Sisarti Baksya Asasta, Juharman Aksana menyebut Empat Kelurahan di Kecamatan Padang Panjang Timur, Kelurahan Ngalau, Ekor Lubuk, Sigando, dan Gantiang memiliki potensi untuk pengembangan kota baru.

“Empat kelurahan inilah masa depan Kota Padang Panjang,” ungkap Juharam, Jumat, 28 Agustus 2020, saat berdiskusi dengan Walikota H. Fadly Amran, BBA Datuak dan pejabat terkait, perihal Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) pengembangan kota baru.

Dalam diskusi tersebut, Juharman memprsentasikan hasil kajian RTRW Kota Padang Panjang. Secara umum dari segi kemampuan lahan dan Kemiringan, 4 Kelurahan tersebut, menurut Juharman, sangat bisa dikembangkan.

Walikota Fadly Amran menyampaikan, untuk pengembangan Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Padang Panjang hendaknya mengedepankan aspek rapi dan indah.

Exit Toll Trans Sumatera yang direncanakan ada di wilayah Kecamatan Padang Panjang Timur, akan menarik bila dipadu dengan pusat perekonomian baru seperti Rest Area, wilayah perumahan, dan perekonomian, ” Ini harus menjadi bahan perencanaan kita dari sekarang,” ungkap Wako dalam diskusi tersebut.

Kadis PUPR Welda Yusar mengatakan, salah satu alasan pengembangan Kota Baru untuk wilayah Kecamatan Padang Panjang Timur, lantaran Wilayah Padang Panjang Barat sudah terlalu padat dijadikan sebagai kawasan terbangun.

“Kalau untuk Padang Panjang Barat itu sifatnya kita mengendalikan seperti merenovasi, tapi kalau untuk pembangunan baru itu tidak memungkinkan, itu makanya diarahkan ke timur, ke arah timur potensi nya itu ada,” katanya.

Disisi lain, Kadis Welda Yusar menyebut, Pemko tetap mempertahankan kawasan Lahan Pertanian dan Pangan Berkelanjutan (LP2B) .

“Lahan LP2B menjadi 152 Hektar sisanya kita kembangkan sebagai Kota Baru Padang Panjang. Potensinya ada di Timur, sisanya dari LP2B yaitu 1500 Hektar,” ungkap Kadis. ... ( Pul / Bahrun ).


NASIONAL

 
Top