Mediaterobos.com. - Program lintas sektoral TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) 108 yang digelar di wilayah Kodam I Bukit Barisan sebagai bentuk Bakti TNI yang bertujuan membantu Pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta mewujud kebersamaan dan bangkitkan semangat gotong royong yang selama ini nyaris pudar ditengah masyarakat. 

Demikian disampaikan Dansatgas TMMD 108 Kodim 0307/Tanah Datar Letkol. Inf. Edi Sugianto Harahap. 

Menurut Dansatgas bahwa kegiatan TMMD bukan hanya unruk membangun infrastruktur saja, melainkan sebagai bentuk wujud sinergitas TNI, Polri dan masyarakat guna mewujudkan pembangunan dikawasan terisolir dan membangun mental masyarakat dengan kegiatan TMMD sasaran sasaran fisik dan non fisik. Selasa (14/7/20) 

"Saya harap personel Satgas dan masyarakat tetap semangat dalam melaksanakan pekerjaan TMMD,saya bangga dam salut, meskipun hujan dan terik panas matahari  Satgas dan warga tetap semangat, "tegasnya.  

Ia menjelaskan bahwa kegiatan TMMD merupakan salah satu wujud kebersamaan TNI, Polri dan masyarakat. 

"Selain mewujudkan pembangunan merata, TMMD sekaligus menyemarakan semangat gotong royongan yang selama ini sudah mulai pudar, kita bangkitkan lagi," ungkapnya. 

Selain itu program TMMD ini merupakan operasi program bakti TNI yang melibatkan kelembagaan terkait dan juga Pemerintah Daerah (Pemda) khususnya. 

Dansatgas berharap, selaku warga negara Indonesia, tentu nya bagaimana kita membangkitkan semangat gotong toyong dan bagaimana kembali bersama-sama dengan rakyat, serta aparat dalam mengatasi seluruh kesulitan, arti nya pembangunan supaya tidak menjadi kendala bagi rakyat. "Apabila rakyat sejatera, TNI juga harus kuat, karena hakekat TNI berasal dari rakyat," tuturnya.

Dalam kegiatan ini, lanjutnya, prajurit Tiga Matra TNI dan personel Polri bekerjasama dengan masyarakat bahu membahu mewujudkan pembangunan merata guna mendukung Pemda setempat. 

"Setiap ada TMMD jelas sinergitas TNI Polri dan masyarakat terlihat jelas dan kompaknya bekerjasama membangun diwilayah terisolir, "jelasnya.  


sejak dimulai Pra hingga dibukanya TMMD ke-108,warga masyarakat sangat antusias membantu TNI mengerjakan sasaran fisik. Mereka bahka tidak kenal lelah dan bosan membantu TNI dalam mewujudkan pembangunan diwilayah tempat tinggal mereka. 

Mereka anggota Satgas semuanya menginap di satu tempat yang tidak terpisah  "Hal ini dikarena menghindari ataupun mencegah penyebaran wabah Covid-19,"cetusnya. 

Guna menghindari wabah Covid-19 yang masih ada, maka personel Satgas yang sedang melaksanakan kegiatan TMMD tetap menjaga protokol kesehatan dengan memakai masker.

"Meski masa New Normal Pandemi Cobid-19, sasaran fisik TMMD tetap dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan," tandasnya.

NASIONAL

 
Top