Mediaterobos.com,  TANAH DATAR, -- TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke 108 Kodim 0307/Tanah Datar  memberikan pelayanan kesehatan gratis bagi warga dan Satgas TMMD.

Pelda Sugianto Satgas TMMD dari Denkesyah 01.04.04 Padang ini lansung mendatangi warga ke kebun-kebun warga khususnya yang berdekatan dengan lokasi pembukaan ruas jalan baru TMMD di Nagari Panyalaian Kecamatan X Koto Tanah Datar. 

“Banyak orang yang jarang mengecek tekanan darah, sehingga tak tahu bahwa dirinya memiliki hipertensi. Bahkan, tidak sedikit pula yang belum menyadari pentingnya manfaat cek tekanan darah dalam tubuh kita,” Kata Sugianto menjawab wartawan Senin (20/07/2020).

Sugianto menyebutkan dengan rutin melakukan cek  tekanan darah , maka kita akan mengetahui kondisi kesehatan jantung dan pembuluh darah.

“Memiliki tekanan darah normal menandakan bahwa jantung mampu memberikan suplai darah yang berisi oksigen dan makanan, ke semua organ tubuh dengan baik,” katanya.

Manfaat cek tekanan darah untuk mendeteksi adanya hipertensi, membedakan antara hipertensi dan sindrom jas putih, mengetahui tindakan atau pencegahan yang tepat.

“Hipertensi sering disebut sebagai silent killer alias pembunuh diam-diam, hipertensi kerap tidak menunjukkan gejala pada penderitanya, tetapi bisa berujung fatal,” katanya.

Khusus untuk Satgas TMMD 108 yang berjibaku menyelesaikan sasaran fisik dan non fisik ditenggah cuaca yang kurang bersahabat tentu kesehatannya perlu dipantau, agar tetap sehat begitu juga dengan kesehatan masyarakat.

Salah satu warga yang dicek kesehatan Bapak Asrul menuturkan"Saya sangat senang dengan kehadiran Satgas TMMD di daerah kami, apalagi mereka sampai pedulinya dengan kesehatan kami sebagai rakyat kecil ini.

NASIONAL

 
Top