Mediaterobos.com, TANAH DATAR,  Nagari Panyalaian termasuk daerah penghujan yang terletak di dataran tinggi, faktor cuaca menjadi tantangan pelaksanaan Kegiatan TMMD/N ke-108 Kodim 0307/Tanah Datar.
Tetapi hal itu tidak menyurutkan semangat Para prajurit TNI yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) mengerjakan setiap sasaran baik sasaran fisik maupun non fisik TMMD 108 yang dipusatkan di Nagari Panyalaian Kecamatan X Koto Tanah Datar.

Dalam pelaksanaannya, berbagai tantangan dialami oleh prajurit bersama masyarakat. Salah satunya adalah medan berat  saat pembukaan jalan baru di Nagari Panyalaian.

Seperti  diketahui ruas jalan baru dibuka pada areal lahan pertanian warga setempat  serta curah hujan yang cukup tinggi  daerah itu, Satgas terkadang harus bekerja dalam hujan deras yang menguyur daerah tersebut.

Dansatgas TMMD 108 Kodim 0307 Tanah Datar Letkol. Inf. Edi S Harahap mengatakan, meski dihadapkan dengan medan yang sulit disertai cuaca hujan yang sering mengguyur kawasan itu, tidak mempengaruhi mental dan semangat kerja prajurit dilapangan. Karena kegiatan ini harus terselesaikan sesuai dengan alokasi waktu yang ditentukan.

"Ada tantangan tersendiri dalam kegiatan TMMD kali ini, selain medannya yang sulit juga faktor cuaca karena seringnya turun hujan," ujar Edi.
Dansatgas menyebutkan, lokasi pembukaan ruas jalan merupakan tanah humus, bila terkena air lansung becek, sehingga kita bisa kita keraskan, tantangan kedua curah hujan yang cukup tinggi, banyaknya saluaran air, awalnya hanya tiga sekarang sudah 16.

Sasaran utama TMMD Reguler ke-108 di Nagari Panyalaian, meliputi pembukaan jalan sepanjang  2800 meter dan lebar 6 meter, pengerasan, pemasangan 16 gorong-gorong.

Selain itu juga dilaksanakan kegiatan sasaran non fisik, yakni penyuluhan Covid 19, sosialisasi penegakan disiplin protokol kesehatan covid 19, penyuluhan hukum daan narkoba, Bela Negara dan Wasbang, penyuluhan pertanian dan perikanan.

NASIONAL

 
Top