mediaterobis.com, pesisir Selatan- Secara door to door pemerintah nagari Sindang Lunang, Kecamatan Lunang, Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat, melakukan penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) bersumber dari Dana Desa (DD) tahap I kepada warga miskin yang telah terdaftar sebagai penerima bantuan.

Dalam penyaluran BLT- DD dihadiri Camat Lunang, wali nagri, bamus,  perangkat wali, Babinsa, Bhabinkamtibmas serta warga penerima BLT- DD tahap I, Jumat 22 Mei 2020, sebanyak 137 kepala keluarga (KK).

Diterangkan Suharto wali nagari Sindang Lunang,  dalam rangka percepatan penanggulangan wabah Covid 19, pemerintah Republik Indonesia memberikan bantuan sosial kepada warga yang terdampak corona, melalui program bantuan langsung tunai yang bersumber dari dana desa (BLT-DD).

“Kita ucapkan terima kasih kepada pemerintah, yang memberikan bantuan sosial kepada warga yang terdampak Covid-19 khususnya di nagari Lunang Sindang, melalui program BLT dari dana desa, salah satu kriteria warga penerima BLT- DD adalah warga yang tidak masuk dalam program bantuan seperti BSPS PKH/Non PKH maupun kartu penyangga ekonomi (KPE) Kabupaten serta bantuan sosial tunai (BST) Provinsi,” cakap Suharto.

Lanjut Suharto, bantuan langsung tunai (BLT) dari DD tersebut diberikan kepada masyarakat terdampak covid-19, satu KK sebesar Rp 600.000 di setiap bulannya, yang diberikan selama tiga bulan.

“bantuan BLT-DD di berikan selama 3 bulan, dengan besaran per KK Rp. 600.000,- per satu bulan, di harapkan agar bantuan ini dapat meringankan beban hidup masyarakat serta digunakan sebaik mungkin disaat wabah Covid 19 ini,” cakap Suharo.


Bantuan langsung tunai dana desa (BLT- DD) yang di anggarkan tahun 2020, kini sudah direalisasikan oleh pemerintah wali nagari Sindang Lunang, kepada 137 kepala keluarga (KK) miskin yang terdampak Covid-19.

Pembagian tersebut dilakukan dengan cara door to door kesetiap rumah penerima manfaat, tujuannya, untuk mempermudah warga dalam menerima bantuan tersebut.

“Alhamdulillah pada hari Jumat tanggal 22 Mei 2020 waktu lalu, kita sudah merealisasikan BLT- DD kepada 137 KK masyarakat miskin  terdampak Covid-19 dengan cara door to door ke rumah penerima manfaat,” ujar Suharto wali nagari Sindang Lunang kepada media ini melalui telepon pendeknya.

Lanjut Suharto, kenapa pembagian tersebut dilakukan secara door to door, karena pihaknya ingin melihat kondisi warga penerima yang sebenarnya.

Suharto kembali berharap, semoga bantuan tersebut bisa bermanfaat bagi warganya dan dapat meringankan beban ekonomi dimasa covid- 19 yang mewabah saat ini, kesehatan harus di jaga, sering cuci tangan dan belanjakan BLT- DD yang telah diterima ke makanan yang bergizi.

“Insya Allah pembagian berikutnya akan kita lakukan secara door to door kembali, semoga bantuan ini bisa bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan, kita harapkan BLT- DD yang diterima di belikan makanan yang bergizi,” tandasnya.


Sementara itu, Suharto juga mengatakan kepada media ini, pemerintah nagari Sindang Lunang selain menyalurkan BLT- DD, pihaknya juga membagikan masker melalui kepala kampung sebanyak 1500 masker, terdiri dari tiga kampung yang ada di nagari Sindang Lunang.

"Selain menyalurkan BLT- DD, kita juga membagikan masker sebanyak 1500 melalui kepala kampung, yang terdiri dari tiga kampung yang ada di kenagarian Sindang Lunang ini," cakap Suharto wali nagari Sindang Lunang mengakhiri Hp nya. (**)

NASIONAL

 
Top