Teks Foto : Indera Wali nagari Tanjung Pondok foto bersama dengan personil Polsek Tapan dan warga yang menerima bantuan di halaman kantor Pos Tapan

mediaterobos.com, Pesisir Selatan- Masyarakat kurang mampu terdampak virus corona Covid-19 di nagari Tanjung Pondok, Kecamatan BAB Tapan, Kabupaten Pesisir Selatan, sedikit bernapas lega. Pasalnya bantuan sosial tunai (BST) dari  Kementerian Sosial (Kemensos) tahap II kembali di cairkan melalui PT. POS hari ini, Sabtu 6 Juni 2020.

Pada tahap II bantuan sosial tunai (BST) dari Kementerian sosial RI. Warga kenagarian Tanjung Pondok menerima 600.000 per KK. Penyaluran bansos itu salah satu upaya pemerintah dalam mengatasi dampak pandemi global Covid-19.

"Hari ini warga Tanjung Pondok kembali menerima  bantuan sosial tunai (BST) dari Kementerian sosial. Warga kita hanya menerima sebanyak 50 KK," kata Indera wali nagari Tanjung Pondok kepada media ini di kantor PT POS Indonesia Tapan.

Wali nagari Tanjung Pondok Indera mengajak seluruh warga menjaga kebersihan diri dan lingkungan untuk mencegah penyebaran virus corona covid-19.

Menurut Indera, menjaga kebersihan itu sangat penting untuk mencegah penyebaran corona (Covid-19) itu, lanjut dia, tidak harus dengan biaya yang mahal, cukup dengan membersihkan secara rutin diri maupun perkarangan.

“Kita harus senantiasa jaga kebersihan lingkungan, kesehatan, ketentraman dan ketertiban dimasing-masing lingkungan agar kita merasa tenang dan nyaman serta kita harus menjaga pola hidup sehat," tambah Indera.

Waktu yang sama, Wali Nagari Tanjung Pondok Indera, meminta masyarakat memanfaatkan bantuan sosial tunai (BST) yang diberikan Kemensos, dengan sebaik-baiknya.

“Saya harap BST ini dimanfaatkan untuk kebutuhan semestinya, yaitu, kebutuhan dasar seperti sembako. Jadi bukan untuk dibelikan pakaian, pulsa, atau hal-hal di luar dari kebutuhan setiap hari,” tegas Indera.

“Juga kepada masyarakat yang menerima BST untuk mensyukuri apa yang ada. Dan juga lebih menjaga diri dan membiasakan pola hidup sehat, BST ini bisa membantu disaat sulit seperti ini, apalagi sekarang momen untuk memasukan siswa baru," pungkas Indera lagi.

Sementara itu, Sekcam BAB Tapan Zul Irfan Harun, S.Stp menjelaskan, program BST Kemensos tersebut dibiayai dari pusat harus disalurkan dengan sebaik - baiknya dan tepat sasaran.

Hari ini. Masyarakat miskin  di dua nagari. Tanjung Pondok dan nagari Bukit Buai Kecamatan BAB Tapan, telah menerima bantuan sosial tunai (BST) dari Kementerian sosial tahap dua yang di salurkan melalui PT POS Indonesi cabang Tapan.

Dia, Zul Irfan menegaskan, bahwa mekanisme pengawasan juga di pastikan baik, agar program BST berjalan tepat sasaran dan efektif sesuai arahan pemerintah.

"Progam BST Kemensos  ini harus tepat sasaran. Juga pendataan warga penerima program ini harus jelas. Jangan sampai tumpang tindih," ujar Zul Irfan tegas.

Guna menjaga keamanan pemberian bantuan sosial tunai (BST) dari Kemensos dikawal ketat oleh personil Kapolsek Tapan, dipimpin langsung AKP Raplen,SH.

Personel Polsek Tapan dibawah pimpinan AKP Raplen bersinergi untuk mengawal jalannya penyaluran bantuan sosial tunai (BST) dari Kementerian sosial yang diperuntukan bagi warga kurang mampu terdampak pandemi Covid-19.

AKP Raplen, Kapolsek Tapan mengatakan, "pelaksanaan pengawalan dan pengawasan proses penyaluran bantuan sosial tunai  (BST) hari ini berlangsung dua nagari,  yaitu nagari Bukit Buai dan nagari Tanjung Pondok berjalan aman dan lancar tidak ada keributan," kata Raplen.(**)

NASIONAL

 
Top