Padang Panjang, mediaterobos.com - Melihat perkembangan dalam beberapa waktu terakhir, Corona Virus Disaese 2019 (Covid-19) menjadi pandemi global yang perlu penanganan serius dan menjadi perhatian bersama, tidak hanya Pemerintah tetapi semua unsur/kalangan terlibat untuk memutus mata rantai penyebaran virus tersebut.

Melihat hal tersebut, tidak ingin virus corona atau Covid-19 lebih menyebar luas, warga di RT 02, Kelurahan Guguk Malintang (Gumala), Kecamatan Padang Panjang Timur membentuk Tim Satgas Siaga Covid-19. Dengan mendirikan Posko Penanggulangan Bencana Covid-19 di kawasan RT 02 Gumala.

Ketua RT 02, Kelurahan Guguk Malintang (Gumala), Moonce Datuak Sinaro Bareno mengatakan pembentukan Posko tersebut demi mencegah penyebaran virus corona di lingkungan RT tersebut.

Pembentukan posko ini berawal dari kepedulian masyarakat sekitar khususnya RT 02 untuk bagaimana cara menangani Covid-19 ini secara bersama-sama, salah satu langkah pertama yang dilakukan adalah penyemprotan cairan disinfektan secara door to door (Rumah ke Rumah) di kawasan RT 02 Gumala. 

"Seiring dengan berjalannya waktu diadakanlah musyawarah bersama dengan masyarakat RT 02 bagaimana bagusnya kalau didirikan posko Covid-19, dan sesuai hasil dari musyawarah tersebut, maka Sabtu(04/04) kemarin didirikanlah posko Covid-19 ini,"jelasnya.

Hal menarik terlihat dari inovasi yang dilakukan oleh masyarakat RT 02 Gumala tersebut, pasalnya tempat yang dulunya Pos Ronda kini disulap menjadi Posko Penanggulangan Covid-19, Kelurahan Gumala.

"Pos Rondanya tetap tetapi untuk sementara waktu Pos Ronda tersebut diubah menjadi Posko Covid-19 RT 02, Kelurahan Guguk Malintang dengan fasilitas seperti tempat cuci tangan, sabun dan hand sanitizer yang semuanya hasil sumbangan dari masyarakat RT 02, "ujarnya.

Karena letaknya di tepi jalan raya, posko tersebut juga dijadikan sebagai tempat pemantauan bagi orang yang keluar masuk di Kelurahan Gumala khususnya ke RT 02, yang ditargetkan kepada para perantau yang pulang kampung.

"Khususnya bagi warga RT 02 yang pulang dari perantauan terlebih dahulu harus melapor ke Ketua RT dan setelah itu akan didata dan datanya akan dilaporkan ke Kelurahan, "ucapnya.

Selain itu Ketua RT 02 mengatakan langkah preventif yang telah dilakukan dalam pencegahan Covid-19 ini, yaitu dengan melakukan pembagian masker kepada warga sebanyak 100 buah hasil dari memasukan proposal ke Balai Latihan Kerja (BLK). "Alhamdulillah semua warga di RT 02 dapat,"ucapnya. (Pul / Bahrun ).

NASIONAL

 
Top