Padang Aro- Sebanyak 39 orang pasien dalam pengawasan (PDP) dan orang dalam pemantauan (ODP) di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat telah selesai dikarantina dan dinyatakan sehat oleh pemerintah setempat.

"Sebanyak 36 ODPselesai dikarantina pada Kamis (19/3) dan sekarang telah beraktivitas kembali, sedangkan tiga PDP yang sempat dirawat diRSUP M Djamil telah kembali ke rumahnya dan dinyatakan negatif virus corona maupun MERS-COV," kata Kepala Dinas Kesehatan Solok Selatan Novirmandi Padang Aro, Jumat.

Ia mengatakan saat ini masih ada satu orang lagi berstatus ODP di Solok Selatan dari sebelumnya berjumlah 37 orang.

Seluruh lintas sektoral katanya, sudah berkomitmen untuk bersatu mencegah merebaknya pandemi corona di daerah itu.

Bahkan sesuai instruksi pusat, pemerintah daerah dan semua unsur Forkopimda, sudah berkoordinasi untuk membentuk Gugus Tugas percepatan penanganan COVID-19.

"Kemarin kami sudah menggelar rakor untuk merumuskan langkah antisipasi penyebaran COVID-19 dan semua lini sepakat bekerja sama menanggulanginya," ujarnya.

Beberapa upaya pencegahan yang disepakati antar-lini seperti melarang kegiatan yang bersifat di luar ruangan dan pengumpulan massa.

Kemudian meningkatkan pengawasan terhadap mobilitas masyarakat yang pulang dari luar negeri.

Sementara Ketua DPRD Solok SelatanZigo Rolanda menyebutkan, semua lapisan berkewajiban menjaga dan mencegah penyebaran virus corona.

Menurutnya, harus ada pergerakan masif untuk menyosialisasikan bahaya dan bagaimana mengantisipasi penyebaran virus tersebut. (*)


Sumber Antara Sumbar

NASIONAL

 
Top