Padang Aro- Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) menggelar operasi pasar bawang putih untuk menstabilkan harga di pasaran yang kini mencapai Rp60 ribu per kilogram.

"Kami menyediakan satu ton bawang putih dengan harga jual Rp32 ribu per kilogramnya dan operasi pasar bawang putih kami laksanakan di tiga titik yaitu pasar Muaralabuh dan Abai serta RTH Padang Aro," kata Kepala Seksi Distribusi Pangan Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Solok Selatan Nurfetriyeni di Padang Aro, Kamis.

Dia mengatakan operasi pasar bawang putih ini diperuntukkan bagi masyarakat bukan pedagang sehingga pembeliannya dibatasi.

Setiap orang, katanya hanya boleh membeli maksimal dua kilogram sehingga penyalurannya lebih tepat sasaran.

Operasi pasar ini merupakan hasil kerja sama dengan Dinas Pangan Sumbar dan hingga sore sudah hampir 700 kilogram yang terjual.

Dia menyebutkan setelah dilaksanakan operasi pasar bawang putih Kamis siang harga dipasaran sudah di angka Rp48 ribu per kilogram.

Kelangkaan bawang putih terjadi karena tidak adanya impor yang dipengaruhi virus corona di Tiongkok.

Sedangkan bawang putih yang di jual saat operasi pasar ini katanya, merupakan stok digudang yang dikeluarkan karena harganya terus naik.

Dia menambahkan operasi pasar hanya dilaksanakan satu hari kalau jumlah satu ton ini tidak habis maka dikembalikan ke Provinsi.

"Operasi pasar hanya hari ini kalau masih ada sisa kami kembalikan ke Provinsi," ujarnya.



Sumber Antara Sumbar

NASIONAL

 
Top