mediaterobos.com 

Nias- Pemerintah Kabupaten Nias menggelar acara ramah tamah tahun baru 2020, bertempat di kompleks perkantoran Kabupaten Nias, jalan Maduma, Desa Hiliweto, Kecamatan Gudo, Jumat (10/01/2020) kemarin Sore.

Ketua panitia Martahani D. Matondang, SH dalam laporannya, menyampaikan dasar pelaksanaan ramah tamah ini adalah surat penugasan Bupati Nias : 452.1/2517SP/Adm kesra/Tahun 2019 tanggal 02 Desember 2019 tentang pembentukan Tim pelaksana ramah tamah Tahun baru 2020 Pemerintah Kabupaten Nias.

Maksud dan tujuan ramah tamah ini yaitu Merupakan wujud ungkapan syukur kepada Tuhan yang Maha Esa, dimana kita telah berhasil dan mampu melalui segala tantangan hidup dan pekerjaan pada tahun 2019, sehingga memasuki tahun 2020 ini dengan optimis,penuh semangat dan pengharapan baru.

Untuk memelihara dan meningkatkan hubungan silaturahmi antara Pemerintah Kabupaten Nias dengan Forkopimda, anggota DPRD, Tokoh Agama dan seluruh elemen masyarakat Kabupaten Nias sehingga dapat bersinergi memberhasilkan seluruh program kegiatan Pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten Nias disepanjang tahun 2020 ini.

Sementara pembiayaan acara ramah tamah ini bersumber dari APBD Kabupaten Nias TA 2019. 

Dalam kata arahannya Bupati Nias, Drs.Sokhiatulo Laoli,MM menyampaikan Umat kristiani telah merayakan Natal pada tanggal 25 Desember 2019 yang lalu dengan penuh kesukacitaan dan pengharapan baru memasuki Tahun 2020, untuk menggapai hari esok yang lebih baik khususnya bagi seluruh masyarakat Nias serta bangsa Indonesia secara umumnya.

"Marilah kita menjalani tahun 2020 ini dengan penuh semangat dan pengharapan serta bersama-sama membangun kehidupan bermasyarakat menuju kearah yang lebih baik, hendaknya kita juga menjadikan momentum tahun 2020 ini untuk bertekad bangkit kembali membangun diri dan masyarakat dengan nilai-nilai moral yang lebih baik." Ujar Sokhiatulo.

Ia juga memaparkan berbagai program yang telah dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Nias yakni di bidang Pendidikan, telah memberikan beasiswanya berprestasi kepada kurang lebih 5.990 siswa/i ditingkat SD dan SMP, dan pemberian Beasiswa kepada mahasiswa/i sebanyak kurang lebih 250 orang.

Bidang kesehatan, bahwa derajat kesehatan masyarakat mengalami peningkatan yang cukup menggembirakan dengan indikator umur harapan hidup sebesar 69,43 tahun, meningkat dari sebelumnya yang berada pada angka 69,18 tahun.

Demikian juga berdasarkan survei kepuasan pada pelayanan di RSUD Gunungsitoli menunjukkan hasil yang menggembirakan dengan capaian rata-rata sebesar 78%.

Disektor pertanian produksi karet,kelapa dan produksi perikanan mengalami peningkatan, juga di bidang infrastruktur masih berupaya keras untuk mengejar target pencapaian antara lain mengurangi jumlah Desa yang terisolir oleh kendaraan roda empat dan penyediaan air bersih di pedesaan.

Selanjutnya dalam memelihara warisan budaya di kepulauan Nias, telah berpartisipasi pada pelaksanaan Ya'ahowu Nias festival pada pertengahan November 2019 yang lalu dan peringatan Hari jadi Kabupaten Nias ke149 yang dimeriahkan berbagai kegiatan.

"Keberhasilan yang telah dicapai selama ini tidak terlepas dari dukungan semua pihak."

Mengakhiri arahannya Bupati Nias, mengharapkan agar kegiatan ini dapat berkesinambungan dimasa yang akan datang, dan menjadi pemersatu antara semua pihak.(Trh)
,
 
Top