mediaterobos.com 

Sumbar- Untuk mengenang Pertempuran Laut Arafuru, Komandan Pangkalan Utama TNI AL II (Danlantamal II) Laksamana Pertama TNI Dafit Santoso bersama prajurit dan PNS dijajarannya menggelar doa bersama dan menyaksikan film dokumenter A Brave Gentlemen yang dihelat di Gedung Serba Guna, Nanggala Mako Lantamal II Jalan Bukit Peti Peti Teluk Bayur Padang, Rabu 15 Januari 2020 malam.

Doa bersama dan pemutaran film A Brave Gentlemen ini merupakan rangkaian dalam memperingati Hari Dharma Samudera tahun 2020 untuk mengenang Pertempuran Laut Arafuru 15 Januari 1962, yang dilakukan secara serentak diseluruh satuan TNI AL dari Sabang sampai Merauke tepat pukul 20.05 Wib serta prajurit TNI AL yang berada di penugasan.

Hadir dalam kegiatan tersebut Wadan Lantamal II Kolonel Marinir Wurjanto. M. Han., para Asisten Danlantamal II, para Kasatker, Kepala Dinas, Ibu Ketua Korcab II Daerah Jalasenastri Armada I beserta pengurus, serta para Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS dijajaran Lantamal II.

Dalam kesempatan itu Komandan Lantamal II membacakan amanat Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E.,M.M., yang intisarinya menyampaikan bahwa
"Pertempuran Laut Arafuru yang terjadi pada tanggal 15 januari 1962 telah tercatat sebagai pertempuran laut paling heroik dalam sejarah Indonesia.

Pengorbanan "Pahlawan Samudera" itu justru mengobarkan sentimen nasional untuk segera mengembalikan Irian Barat ke pangkuan Ibu Pertiwi dan berhasil diwujudkan pada tanggal 1 Mei 1963. 

Dispen Lantamal II
,
 
Top