mediaterobos.com 

Agam- Salah satu konsekuensi warga negara yang menjunjung nilai demokrasi, partisipasi politik adalah suatu keniscayaan. Partisipasi politik dalam konteks pemilihan umum secara langsung menjadi salah satu tolok ukur berjalan atau tidaknya demokrasi. Untuk itu, diperlukan sebuah wadah yang menjadi sarana peningkatan partisipasi politik.

Komisioner KPU Agam, Erconolis yang juga koordinator Rumah Pintar Pemilu (RPP) KPU Agam mengatakan salah satu upaya membangun kesadaran berdemokrasi, dalam hal ini terkait kepemiluan adalah melalui RPP. Dikatakan, sejatinya RPP KPU Agam merupakan upaya meningkatkan partisipasi politik masyarakat seputar kepemiluan.

"Rumah pintar pemilu ini, sejak didirikan pada 2015 silam, diharapkan menjadi wadah yang bisa dimanfaatkan masyarakat untuk menambah kapasitas kepemiluan," ujarnya, Jumat (27/12-2019).

Dijelaskan, RPP KPU juga merupakan ikhtiar dari KPU RI untuk membenahi kapasitas kepemiluan masyarakat secara umum. Menurutnya, melalui RPP KPU Agam, masyarakat bisa memeroleh informasi penyelenggaraan pemilu secara komprehensif.

"Rumah pintar pemilu sejatinya merupakan pusat informasi seputar pemilu, politik dan demokrasi, yang mana masyarakat bisa memeroleh informasi tersebut di rumah pintar pemilu," terangnya.

Tidak hanya itu saja, lanjutnya lagi, sebagai upaya menciptakan pemilih yang cerdas dan bermartabat, RPP juga merupakan sarana penelitian seputar pemilu, serta membuka ruang kursus bagi masyarakat.

"Melalui RPP masyarakat bisa belajar sejarah pemilu, sejarah pemilihan pilpres, sejarah kepala daerah, dan lain sebagainya terkait kepemiluan," tuturnya.

Sementara itu, Komisioner KPU Agam, Ismul Hamdi, menyebut RPP merupakan upaya mengemas persoalan politik menjadi bahasan bersama dengan cara menyenangkan. Dikatakan, melalui RPP diharapkan dapat mencuri perhatian pemilih milenials.

"Jika selama ini ada anggapan bahwa urusan politik hanya urusan segelintir orang, dengan adanya RPP anggapan tersebut secara bertahap akan berkurang," ujarnya.

Kemudian, RPP KPU Agam untuk kedepannya akan terus berbenah, dalam upaya mencerdaskan pengetahuan pemilu masyarakat. Dia mencontohkan fasilitas RPP yang dapat diakses via elektornik.

"Nanti dengan melihat screen yang kami sediakan, masyarakat dapat mengakses informasi kepemiluan dengan cara yang menyenangkan," tutupnya. (Anto)

NASIONAL

 
Top