Foto : Putra Ahmil Wali Nagari Tiga Sepakat, Kecamatan Inderapura, Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat, diruang kerjanya, saat memberi informasi kepada mediaterobos.com

mediaterobos.com 

Inderapura- Wali Nagari Tiga Sepakat Kecamatan Inderapura, Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat, Putra Ahmil memanfaatkan APB Nagari untuk pelatihan tepat guna bagi masyarakat, hal itu dikatan Ahmil kepada mediaterobos.com Selasa, 15 Oktober 2019 diruang kerjanya.

Pembangunan pertanian tidak hanya mengarahkan kepada peningkatan produktivitas, tetapi juga harus meningkatkan taraf hidup masyarakat pertanian. Cara mengolah  hasil tani, perkebunan juga perikanan.


Petani dan pengusaha tani dan masyarakat pertanian di Nagari Tiga Sepakat, harus lebih cerdas, dalam pengertian berwawasan ilmiah, sehingga lebih mampu menghadapi trend ekonomi, perubahan iklim global, dan bahkan perubahan dalam masyarakat pertanian itu sendiri.

"Ilmu Pengetahuan Ibarat Cahaya atau lilin di genggaman kita.  Saat menyusuri suatu jalan yang gelap tanpa cahaya kita akan sulit melewati jalan yang gelap itu," pungkas Ahmil.


Pada dasarnya setiap bidang profesi pekerjaan dan kehidupan manusia semuanya membutuhkan pengetahuan sebagai dasar seseorang untuk berpikir dan bertindak.

Menurut Ahmil, "Seorang bisa dikatakan ahli dalam budidaya tanaman, perikanan, perkebunan  pasti sudah melewati jalan yang panjang dengan berjuta pengalaman dan proses belajar yang panjang", tambah Ahmil. 

Namun, seorang petani, perikanan dan perkebunan yang sebelumnya memang sekolah dibidangnya masing - masing itupun masih butuh untuk terus belajar dan mengembangkan diri atas ilmu pengetahuan yang sudah dia  pelajari sebelumnya.

Hadir dalam acara tersebut, dari pertanian Sukardi, dari perternakan Efiardi, perikanan Isawandi, ketua bamus dan tokoh masyarakat lainnya.(Hen)



Pewarta : Hendra

Editor  : Ariel Wartawan Maya
 
Top