Tegal- Safiatu (41) warga Desa Jatimulya, Kecamatan Suradadi, Tegal merupakan salah satu pengusaha peracangan yang juga menjual bahan jadi siap makan. Seperti sayur lodeh, sayur ikan tongkol hingga berbagai olahan matang lainnya.  


Serda Mursidi yang tergabung dalam Satgas TMMD sedang melakukan Komunikasi Sosial (Komsos) bersamanya. Komsos bertemakan cara suskses berjualan dagangan berskala kecil. Seperti Peracangan, usaha mikro hingga berjualan bahan pokok di rumah. Salah satu trik dam Komsos tersebut adalah dengan emnyediakan segala jenis bahan yang diperlukan oleh warga sekitar. Semisal sembako, minyak, beras, hingga kebutuhan primerdan skunder lainnya. 

Harga juga harus bervariatif. Jangan terlalu mengamabil untuk besar. Kalau hanya laku pada hari itu juga, maka ya selanjutnya bisnis akan merugi, akrena tidak ada yang kembali membeli di toko kelontong. 

Banyak hal lagi, salah satunya dengan menyajikan bahan jualan dengan higienis. Sebab, kesehatan sangat dipamndang perlu. Pembeli akan kembali membeli dagangannya kalau  penjualnya itu bisa menjaga kebrsihan. 

“kalau berjualan bahan siap saji juga wajib mementingkan adanya kuwalitas, rasa, higienisnya , “ katanya. Sabtu (27/7). (Pendim).
 
Top