mediaterobos.com 

Nias- Sekda Nias Drs.F Yanus Larosa, M.AP mewakili Bupati Nias, membuka secara resmi sosialisasi partisipasi politik pada Pemilihan Legislatif dan pemilihan Presiden/wakil Presiden di Kabupaten Nias, bertempat di Lt 3 Kantor Bupati Nias, Jumat (15/03/2019).

Dalam sambutannya Sekda Nias, menyampaikan sebagaimana diamanatkan dalam pasal 2 Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu harus dilaksanakan berdasarkan Azas langsung, umum, bebas rahasia jujur dan adil, dan hal ini akan tercapai apabila seluruh komponen bangsa saling bahu membahu mendukung pelaksanaan pemilu dengan didasarkan pada peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Salah satu bagian terpenting dari sebuah proses pemilu adalah peran dan partisipasi masyarakat, pertimbangan rasional dengan menjadi pemilih cerdas terus menerus disosialisasikan sehingga nantinya diharapkan y terpilih pemimpin dan wakil-wakil rakyat yang mempunyai integritas dan kualitas yang tinggi.

Selanjutnya, hak politik warga negara dalam pemilu bukanlah hanya memberikan suara, melainkan juga yang tidak kalah pentingnya adalah hal pengawasan Pemilu. Ujar F.Yanus.

Sosialisasi partisipasi politik pada Pemilu legislatif dan Presiden wakil Presiden yang difokuskan pada UU Nomor 7 Tahun 2017 ini memiliki nilai yang sangat strategis dan penting mengingat sudah dekatnya Pemilu serentak Tahun 2019.

"Pada pemilu serentak 2019 ini masyarakat Indonesia dihadapkan pada berbagai kendala seperti potensi perpecahan dan dinamika politik, seperti politik uang/transaksional, politik dengan isu sara, adu domba antara golongan dan hoax.

Diakhir katanya F.Yanus Larosa menghimbau kepada segenap pemilih untuk mempergunakan hak pilihnya cerdas, jeli dan cermat.

Sebelumnya ketua panitia pelaksana sosialisasi AHD.DARWIS ZENDRATO, S.sos Melaporkan, sebagai dasar pelaksanaan sosialisasi ini yaitu SK Bupati Nias No. 210/54/K/Tahun 2019, tanggal 1Pebruari 2019 tentang pembentukan panitia pelaksana kegiatan sosialisasi partisipasi politik pada Pemilihan Legislatif dan Presiden wakil presiden di Kabupaten Nias Tahun Anggaran 2019 di Kabupaten Nias; Surat Bupati Nias No. 210/247/BKB.P/2019 Tanggal 11 Pebruari 2019 kepada Camat sekabupaten Nias dan Surat undangan dari Bupati Nias Nomor. 200/268/BKB.P/2019Tanggal 13 Pebruari 2019.

Peserta yakni : 

1.Kecamatan Gido 12 orang

2. kecamatan Sogaeadu 9 orang

3.kecamatan Hiliserangkai 9 orang

4. Kecamatan Hiliduho 9 orang

5.kecamatan Bawolato 7 orang

6.kecamatan Idanogawo 8 orang

7.kecamatan Botomuzoi 6 orang

8.Kecamatan Somolo-molo 5 orang

9. Kecamatan Ulugawo 5 orang

10.kecamatan Ma'u 5 orang dan tokoh masyarakat, tokoh Adat, tokoh Pemuda, wanita dan pemilih pemula

Kepada peserta akan diberi bantuan transportasi

Sumber dana pada kegiatan ini yaitu bersumber dari APBD TA 2019 yaitu DPA SKPD Badan Kesbangpol Kabupaten Nias.(Trh)
 
Top