mediaterobos.com 

Jatisari- Untuk meningkatkan gizi terutama pada gizi mikro masyarakat pada umumnya dan keluarga pada khususnya, program Satgas TMMD ke - 104 Kodim/Bks menggelar sosialisasi Pemanfaatan lahan pekarangan pada SMK Bina Lestari diJl. HM. Tohir Bojongsari  Kel. Jatisari Kec. Jatiasih Kota Bekasi.Selasa ( 20/3/19)

Dalam penyampaian  materi sosialisasi ini disampaikan. Ibu Nur Rahayu
 dari Dinas Pertanian dan Perikana Bekasi Kota dan diikuti sebanyak 54 orang dari Siswa/i ,  Guru,  Distanikan, Bintaldam Jaya, serta TNI.   

Nur Rayu menjelaskan. usaha  pekarangan jika dikelola secara intensif sesuai dengan potensi pekarangan, disamping itu dapat memenuhi kebutuhan konsumsi rumah tangga, juga dapat memberikan sumbangan pendapatan bagi keluarga. 


" Dari hasil penelitian, secara umum pekarangan dapat memberikan sumbangan pendapatan keluarga antara 7% sampai dengan 45%." ujarnya 

Menurut Nur Rahayu, Pekarangan adalah sebidang tanah di sekitar rumah (bagian depan, samping maupun belakang) yang mudah di usahakan dengan tujuan untuk meningkatkan pemenuhan gizi mikro melalui perbaikan menu keluarga, dan biasanya dibatasi dengan pagar.

" Pemanfaatan Pekarangan adalah pekarangan yang dikelola melalui pendekatan terpadu berbagai jenis tanaman, ternak dan ikan, sehingga akan menjamin ketersediaan bahan pangan yang beranekaragam secara terus menerus, guna pemenuhan gizi keluarga." Ujarnya 

Dari penjelasan. Materi yang disampaikan Nur, salah satu siswa Nias  (15) sagat tertarik dalam pengelolaan dan pemberdayaan lahan pekarangan rumah.

" Melalui sosialisasi ini kita sebagai pelajar sangat antusias mendengarkannya dan mudah - mudahan bisa kami lakukan di pekarangan rumah kami masing - masing.Trimakasih kami ucapkan.  pada  TNI kami sudah  mendapatkan ilmu ," ungkapnya.(*)
 
Top