mediaterobos.com 

Donggala- Peningkatan akses baru sangat identik dengan peningkatan juga jumlah kendaraannya. Jalan yang sedang dibuat sepanjang 11,5 Km, sangat bagus. Ini akan menumbuhkan semangat warga sasaran TMMD untuk segera memiliki kendaraan beroda dua.

Dapat dipastikan dalam waktu dekat, motor akan mengambil peran di Desa Bobo Kecamatan Palolo, lokasi TMMD Reguler 104 Kodim 1306 Donggala. Pengangkutan hasil bumi akan beralih bertahap dengan memanfaatkan aspal tersebut, menggantikan pengangkutan konvensional. 

Belum adanya armada angkutan umum keluar masuk desa, sehingga warga menggunakan truk atau pick up pengangkut hasil bumi untuk juga mengangkut manusia jika hendak menuju Pasar Subah di Kecamatan Palolo. Ini jelas menggambarkan kondisi masyarakat pegunungan yang belum mempunyai gairah sebelum infrastruktur yang dibangun TNI.

Selain warga setempat, berkah TMMD tersebut juga pasti akan dirasakan Slamet Riyadi (53) pemilik sorum motor bekas asal Desa Kapiroe Kecamatan Palolo. Warga Bobo pasti melewati desanya jika menuju ke pusat ekonomi dan pelayanan kecamatan.

Ia mengaku bahwa penghasilan tidak tetap, namun kalau ada yang laku 1 unit motor saja, keuntungannya berkisar antara 500-750 ribu rupiah.

“Begitu juga dengan warga Dusun Durensari Desa Bobo nanti, mendapatkan jalan penghubung baru dan aspal, semoga saja banyak menjual ternak dan membeli dagangan saya. Bisa cash maupun kredit.” ungkapnya sambil menjelaskan sebelumnya hanya golongan tertentu saja yang memiliki motor, semisal PNS maupun para pedagang keliling. Minggu (24/3/19).

Nampak, Kopda Hendrik melihat-lihat dagangan Aswat sambil ingin mendengar pemasukan sang pemilik makelar tersebut.
 
Top