mediaterobos.com Nias- Bupati Nias Drs.Sokhiatulo Laoli, MM membuka secara resmi sosialisasi, pelatihan serta pembengkalan kepada seluruh anggota satuan perlindungan masyarakat (Sat Linmas) se Kabupaten Nias, Selasa (26/02/2019) kemarin.

Sokhiatulo Laoli dalam kata arahannya menyampaikan, Peranan anggota Linmas dalam pemilu diatur dalam Permendagri Nomor 10 Tahun 2009 tentang penugasan Sat Linmas dalam penanganan ketentraman, ketertiban Dan keamanan penyelenggara pemilihan umum

"Sebagaimana diketahui bahwa Tahun 2019 ini adalah Tahun politik, dimana pada tanggal 17 April 2019 merupakan pesta Demokrasi bagi bangsa Indonesia, ini sejarah bagi bangsa kita dimana untuk pertama kalinya kita akan memilih Presiden dan Wakil Presiden secara anggota Legislatif secara serentak

Sebagai bentuk apresiasi dan dukungan Pemerintah Daerah Kabupaten Nias maka dilaksanakan sosialisasi, pelatihan dan pembekalan kepada anggota Sat Linmas dalam menjalankan tugas dan fungsinya dimana SATMINKALnya adalah Sat Pol PP Kabupaten Nias.

Pelaksanaan sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan anggota Sat Linmas dalam penanganan ketentraman, ketertiban dan keamanan di TPS, menciptakan kerjasama dengan instansi terkait, serta selalu bersinergi dengan aparat penegak hukum baik sebelum maupun sesudah pemilu terselenggara.Terang Sokhiatulo.

Sebelumnya dalam laporan Tim pelaksana sosialisasi ini menyampaikan, dasar pelaksanaan yaitu UU No.7 Tahun 2017 tentang Pemilu pada pasal 351 ayat 4, penanganan ketentraman, ketertiban dan keamanan di setiap TPS dilaksanakan oleh 2 ( Dua) orang petugas y berasal dari Sat Linmas; Permendagri No 10 Tahun 2009 tentang penugasan Sat Linmas dalam penanganan ketentraman, ketertiban dan keamanan penyelenggara pemilu, (Pasal 2) Sat Linmas melaksanakan penanganan ketentraman, ketertiban dan keamanan penyelenggara pemilihan umum, dilakukan dengan menjaga dan memelihara ketentraman, ketertiban dan keamanan disetiap TPS; Permendagri No. 84 Tahun 2014 tentang penyelenggaraan perlindungan masyarakat pada pasal 19(a) Anggota Satlinmas mempunyai hak mendapatkan pendidikan dan pelatihan; SK Bupati No. 331.1/0004/K/2019 tanggal 14 Januari 2019 tentang Panitia pelaksana kegiatan sosialisasi/pelatihan pembekalan anggota perlindungan masyarakat Setempat Labu Nias.

Selanjutnya, sebagai narasumber dan pelatih terdiri dari Polres Nias, KPU Nias, Bawaslu Nias, Kesbangpol Kabupaten Nias dan Satpol PP Kabupaten Nias.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari yaitu kegiatan penyampaian materi dalam ruangan dan kegiatan luar ruangan yaitu Praktek lapangan.

Dalam praktek diluar ruangan sebagai pelatih yaitu dari Kodim 0213 Nias dan dari Polres Nias.

Kepada peserta selama sosialisasi dan pelatihan diberikan ATK, Modul, bantuan transportasi, makan dan minum ditambah Snack.

Anggaran pembiayaan pelaksanaan kegiatan ini bersumber dari APBD Kabupaten Nias melalui DPA Satpol PP Kabupaten Nias TA 2019.

Turut hadir pada kegiatan sosialisasi ini antara lain : Unsur Forkopimda Kabupaten Nias, para Asisten Setda Kabupaten Nias, para perangkat daerah, Camat Sebagai Kabupaten Nias, serta peserta sosialisasi.(Trh)
 
Top