mediaterobos.com 

Sumbar-  Pangdam I/BB Mayjen TNI  M.S. Fadhilah bersama  FKPD Provinsi Sumatera Barat sambut kedatangan Wakil Presiden RI Bapak H. M. Jusuf Kalla di kedatangan VIP Bandara Internasional Minangkabau (BIM)  Padang Pariaman Sumbar pada Kamis (21/2).

Kehadiran Bapak Jusuf Kalla di Kota Padang adalah dalam rangka membuka acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas)  Assosiasi Pimpinan Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) yang berlangsung pada 20 -22 Februari 2019 .

Meski dalam jadwal acara berlangsung 20-22 Februari, namun secara resminya  pembukaan dilaksanakan pada Kamis (21/2) pagi.


Dengan menggunakan pesawat kepresidenan Wapres Jusuf Kalla berangkat dari Jakarta didampingi oleh Kepala Sekretariat Wapres Mohamad Oemar, Deputi Bidang Administrasi Guntur Iman Nefianto, dan Staf Khusus Wapres Bidang Penanggulangan Kemiskinan dan Otonomi Daerah Syahrul Udjud.

Berangkat dari Bandara Halim Perdana Kusuma  Jakarta pukul 06.30 dan tiba di Bandara BIM Padang Pariaman Jan 08.30 WIB. 

Setibanya di Bandar Udara Internasional Minangkabau, Padang Pariaman Provinsi Sumbar, Wapres dan rombongan disambut Pangdam I/BB Mayjen TNI M.S. Fadillah, Gubernur Provinsi Sumatera Barat Bapak Irwan Prayitno, Kapolda Sumbar Irjen Pol Drs M Fakhrizal, Danrem 032/Wbr Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo,  Ketua DPRD Prov Sumbar Hendra Irwan Rahim, Kabinda Sumbar Brigjen TNI Sunari, S.H, M.Si, M.M,  Danlanud Sutan Syahrir Kolonel Pnb Purwanto Adi Nugroho serta Wakajati Prov Sumbar Bapak Heri Jerman,S.H. M.H.

Selanjutnya Wapres dan rombongan menuju tempat acara di Grand Inna Padang Hotel Convention & Exhibition.

Tepat jam 09.00  kegiatan Rakernas APPSI  dimulai. Dalam arahannya Bapak Wakil Presiden Jusuf Kalla menyampaikan  beberapa hal  untuk menjadi atensi para peserta  yaitu : 


1. Gubernur sebagai perwakilan pusat di daerah agar menjaga stabilitas daerah dan meningkatkan pengelolaan ekonomi daerah sesuai potensi wilayahnya. Baik di sektor pertanian maupun di sektor industri.

2. Industri akan lebih cepat meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya dibandingkan sektor pertanian, jadi perlu didorong pertanian yang berteknologi dan menjadikan pertanian yang induatrialisasi.

3. Gubernur dengan Menteri adalah perangkat pusat yang sama level dan perannya dan diperlukan adanya saling koordinasi. 

4. Kondisi global kini penuh dengan ketidakpastian seperti  Negara negara Timur Tengah, Afganistan, Korea, Eropa, Amerika dan Venuzuela. Kita bersyukur di Indonesia yang lebih baik dibandingkan dengan negara lain, ini harus kita jaga bersama.

5. Perlu adanya kerjasama  antar daerah. Tidak perlu berlomba lomba untuk membangun infrastruktur pelabuhan .Gunakan saja yang ada secara bersama sama.

Selesai memberikan arahan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Tepat pukul 10. 25 acara pengarahan Wapres selesai dan langsung bergerak menuju Bandara Internasional Minangkabau.  

Tepat jam 11.00 Wakil Presiden beserta rombongan take off menuju Bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta. 

Seluruh rangkaian pengamanan  kegiatan kunjungan Wakil Presiden RI berjalan dengan tertib aman dan lancar. (*)
 
Top