mediaterobos.com 

Sumbar- Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (Ka BNPB), Letjen TNI Doni Munardo bersama dengan Kepala BMKG Ibu Dwi Kota Karnawati  mengadakan Kunjungan Kerja ke Provinsi Sumatera Barat pada Rabu 6/2-2019.

Tiba di Bandara Internasional Minangkabau pada pukul 08.00 Wib Ka BNPB disambut langsung oleh Gubernur Sumatera Barat Prof.Dr. Irwan Prayitno, Psi,Msc , Danrem 032/Wirabraja, Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo, S.I.P, Wakil Gubernur Sumatera Barat, H Nasrul Abit, Danlantamal II Laksma TNI Agus Sulaeman,  dan juga seluruh unsur Forkopimda Provinsi Sumatera Barat.

Setelah disambut di ruangan VIP Bandara, rombongan melanjutkan rangkaian kegiatan menuju Kantor Gubernur Provinsi Sumatera Barat untuk melaksanakan rapat Koordinasi dengan seluruh Pejabat Kepala Daerah, Para Dandim, BPBD dan BAPEDA.

Pada kesempatan ini disampaikan oleh Ka BNPB,  akan diadakannya pembentukan Intelijen Bencana alam untuk mengantisipasi akan bencana alam yang sewaktu waktu dapat terjadi. Penanggulangan Bencana alam di Sumatera Barat seperti pepatah Minang "Alam Takambang Menjadi Guru" dengan memperhatikan generasi yang akan datang. Ditekankan juga olehnya agar pejabat daerah menindak segala bentuk kegiatan ilegal Loging maupun ilegal Mining yang bisa mengakibatkan terjadinya bencana alam.

Pada kunjungan ini sekaligus memberikan bantuan BNPB pusat kepada BPBD Sumatera Barat berupa 6 Buah Sirene Peringatan Dini Bencana yang terkoneksi langsung dengan GPS Pusat dan juga 4 Radio Satelit yang ditempatkan di Mentawai.

Rangkaian kegiatan ini dilanjutkan  dengan perjalanan menuju Mentawai menggunakan 3 Helly, rombongan didampingi oleh Danrem 032/Wirabraja menuju Kepulauan Mentawai dengan menyisir pantai Barat Pagai/Megathrust sekaligus pengecekan kesiapan peralatan dan masyarakat apabila sewaktu-waktu  terjadi bencana. Pada jam 14.30 Wib Kepala BNPB Pusat Bapak Doni Munardo  tiba di Lapangan Bola kaki yang bertempat di jalan raya Tuapejat km 8 Jab.Kepulauan Mentawai, Provinsi Sumatera Barat.
Rombongan langsung disambut oleh Wakil Bupati Kab. Kep. Mentawai Dandim 0319/Mentawai Letkol Czi Didied Yusnadi bersama Forkopimda dan Kepala OPD Kab. Kepulauan Mentawai dan beserta tokoh masyarakat Mentawai.

Selanjutnya Kepala BNPB beserta rombongan Transit menuju Pendopo Bupati Mentawai yang bertempat di jalan raya Tuapejat Km 09 Kab.Kepulauan Mentawai.

Selanjutnya rombongan bergerak ke pelabuhan Tuapejat untuk meninjau Pulau Simakakang dan pulau pulau di kepulauan Mentawai  dengan menggunakan Kapal Pemda Kepulauan Mentawai. 

Sampai berita ini dirilis kegiatan Kepala BNPB bersama Danrem 032/Wbr dan rombongan melaksanakan pertemuan dengan Forkopimda OPD dan  masyarakat Mentawai dan direncanakan besok Selasa masih dilanjutkan  peninjauan Kepulauan Mentawai.(*)

Sumber: Penrem 032/Wirabraja
 
Top