Wako dan Wawako Gunungsitoli Membuka Sosialisasi Pilkades

mediaterobos.com


Gunungsitoli-Pemerintah Kota Gunungsitoli melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa/kelurahan (PMDK) melaksanakan sosialisasi tahapan pelaksanaan Pilkades TA  di Kota Gunungsitoli, bertempat di ruang rapat Lt 1 Kantor Walikota, Kamis (13/09/2018).

Sosialisasi tersebut dibuka secara resmi oleh Walikota Gunungsitoli Ir.Lakh6mizaro Zebua dan dihadiri oleh Wakil walikota, unsur Forkopimda, Asisten 1, Kepala Dinas PMDK, Camat, Lurah, Kepala Desa, ketua BPD serta undangan lainnya.

Dalam laporan kepala Dinas PMDK menyampaikan, dasar pelaksanaan sosialisasi ini yaitu UU No 6 Tahun 2014 tentang Desa; PP No 43 Tahun 2014 tentang peraturan pelaksanaan UU No 6 Tahun 2014 tentang Desa; Permendagri No 112 Tahun 2014 tentang pemilihan kepala desa; Perda Kota Gunungsitoli No 5 Tahun 2018 tentang pemilihan kepala desa, pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa; Keputusan walikota Gunungsitoli No 141.313 Tahun 2018 tentang pembentukan panitia pemilihan kepala desa di Kota Gunungsitoli TA 2018.

Selanjutnya lokasi pelaksanaan Pilkades di Kota Gunungsitoli sebanyak 28 Desa di 5 Kecamatan sekota Gunungsitoli dengan rincian sebagai berikut : 

1.Kecamatan Gunungsitoli  terdiri dari 4 Desa yaitu Desa Dahana Tabaloho, Desa Hilihao, Desa Iraonogeba dan Desa Sisarahili gamo.

2. Kecamatan Gunungsitoli Idanoi terdiri dari 9 Desa yaitu Hiliweto, Desa Idanotae, Desa Tuhegeo II, Desa Onowaembo, Desa Ombolata, Desa Hiligodu, Desa Humene, Desa Sifalaete, Desa Hiligodu Idanoi.

3.Kecamatan Gunungsitoli Selatan terdiri dari 5 Desa yaitu Faekhu, Desa Luaha Laraga, Desa Ononamolo I Lot, Desa Fodo, Desa Lolofaoso Tabaloho.

4. Kecamatan Gunungsitoli Alo'oa terdiri dari 2 Desa yaitu Desa Niko'otanodao dan Desa Fadoro Hilimbowo.

5. Kecamatan Gunungsitoli utara terdiri dari 8 Desa yaitu  Olora, Desa Hilimbowo Olora, Desa Gawu-gawu Bouso, Desa Teluk belukar, Desa Hiligodu Ulu,.Desa Tetehosi Afia, Desa Lasarasowu, Desa Loloanaa Lolomoyo.

Sumber dana pada pemilihan kepala desa TA 2018 ini, bersumber dari APBD TA 2018 pada Dinas PMDK Gunungsitoli dan Dana Hibah TA 2018.

Ir.Lakh6mizaro Zebua Walikota Gunungsitoli sitoli, dalam arahannya mengharapkan agar seluruh peserta pada sosialisasi ini dapat mengikuti dengan sungguh-sungguh.

"Saya mengajak seluruh peserta sosialisasi ini dapat mengikuti nya dengan sungguh-sungguh, karena sangat penting sekali,"ungkapnya.

Dia meminta agar pelaksanaan Pilkades untuk tahun 2018 ini, dapat terlaksana dengan baik,jangan terulang lagi seperti permasalahan-permasalahan sebelumnya, dimana banyak Desa yang masih belum terciptanya kerjasama yang baik antara BPD dan Kepala Desa, bahkan masih ada desa-desa yang sampai sekarang terganggu pelaksanaan dana desanya dan penetapan APBDesnya, saya tidak menyalahkan siapa-siapa, tapi untuk kedepan nya diharapkan agar ada keharmonisan antara BPD dan Kepala desa, sehingga bisa tercipta suasana yang baik.Ucap Lakh6mizaro.

Lakh6mizaro juga meminta kepada para Pj.kepala desa, agar dapat memfasilitasi tentang pelaksanaan Pilkades ini didesanya masing-masing dan jangan sampai ada permasalahan. Harap Lakh6mizaro.(Trh)
 
Top