mediaterobos.com 

Dharmasraya- Guna meningkatkan kapasitas Bamus Nagari dalam menjalankan tugas dan fungsinya, Pemerintah Kabupaten Dharmasraya melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) menyelenggarakan Bimbingan Teknis bagi Badan Musyawarah (Bamus) Nagari se Kabupaten Dharmasraya, Rabu (05/09). Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Basko Padang tersebut dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Dharmasraya, H. Amrizal Dt Rajo Medan.

Dalam sambutannya Wabup menyampaikan, Bamus Nagari mempunyai peran yang cukup besar. Untuk itu, Bamus dituntut untuk memahami pokok-pokok kebijakan karena Bamus Nagari harus menciptakan hubungan kerja yang harmonis dengan pemerintah nagari dan lembaga nagari lainnya.

"Sebagaimana kita ketahui bersama, Bamus Nagari merupakan wadah penyaluran aspirasi masyarakat. Bamus Nagari harus mampu menganalisa dan merumuskan aspirasi masyarakat untuk disampaikan kepada Wali Nagari dalam rangka mewujudkan tata kelola penyelenggaraan pemerintahan yang baik untuk kemajuan bersama dalam mensukseskan pembangunan nagari," ujar Wabup.

Dengan dilaksanakannya Bimtek ini, Wabup berharap, Bamus Nagari dapat memahami dengan baik tugas dan fungsinya. Serta memahami dasar hukum dalam penyusunan rancangan peraturan nagari dan konsep-konsep dalam perencanaan pembangunan nagari.

"Kepada seluruh Bamus Nagari agar bersungguh-sungguh mengikuti Bimtek ini. Kami yakin dengan kehadiran Bamus Nagari pada kegiatan Bimtek ini merupakan cerminan semangat membangun nagari," tukas wabup.

Adapun, kegiatan Bimtek ini menghadirkan narasumber dari Balai Pemerintahan Desa Lampung, Unit Pelaksana Teknis Direktorat Jenderal Bina Pemdes Kementerian Dalam Negeri dalam Bidang Penyelenggaran Pelatihan bagi Aparatur Pemdes dan Masyarakat untuk Wilayah Sumatera.(hms/tbs)
 
Top