Dharmasraya, mediaterobos.com- Sudah menjadi tradisi di Nagari Koto Besar, setiap habis lebaran Idul Fitri, masyarakat setempat melakukan ziarah ke makam raja-raja Koto Besar. Ziarah ke makam raja ini menjadi bagian dari rangkaian acara halal bihalal yang dilaksanakan masyarakat Koto Besar setiap tahun.

Jum'at (29/06), agenda tahunan ini kembali dilaksanakan oleh masyarakat setempat. Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan yang juga merupakan RajaKoto Besar saat ini juga turut hadir dalam kesempatan itu.

Usai melakukan ziarah, bupati juga melaksanakan sholat Jum'at berjamaah dengan masyarakat setempat. Kemudian dilanjutkan dengan halal bihalal, mendengarkan tausiyah agama dan diakhiri dengan makan siang bersama.

Bupati dalam kesempatan itu mengapresiasi masyarakat Koto Besar yang terus mempertahankan tradisi ini hingga sekarang.

"Disamping sebagai bentuk penghargaan dan penghormatan kepada para pendahulu yang telah mengukir sejarah Dharmasraya, khususnya Koto Besar, tradisi ini juga menjadi salah satu langkah tepat untuk memperkuat silaturrahim antar sesama," ujar bupati.

Pada kesempatan itu, bupati juga berpesan kepada masyarakat untuk senantiasa menjaga persatuan dan kesatuan serta memperkuat rasa kebersamaan. Sebab hal tersebut merupakan modal besar dalam pembangunan daerah.

"Tanpa kebersamaan, akan sulit bagi kita untuk mewujudkan pembangunan. Kita harus saling mengisi, bahu membahu dan bersinergi dalam mewujudkan pembangunan daerah yang kita cintai ini," tandas bupati.

Turut pula hadir dalam kesempatan itu sejumlah pejabat di lingkup Pemerintah Kabupaten Dharmasraya dan tokoh masyarakat setempat.
 
Top