Padang Panjang, mediaterobos.com – Ditengah teriknya matahari di Bulan Ramadhan 1439 H, peserta upacara Hari Lahir Pancasila yang terdiri dari ASN , TNI/ POLRI, tetap menujukkan sikap antusias dan semangatnya, dalam mengikuti upacara yang diselenggarakan di Halaman Balaikota Padang Padang Panjang, selasa, (5/6).

Upacara dipimpin langsung oleh Pjs. Walikota Padang Panjang Irwan. Turut hadir, Forkopimda Kota Padang Panjang, seluruh kepala OPD dan pejabat lainnya.

Dalam amanat Presiden RI Joko Widodo yang disampaikan Pjs Walikota Padang Panjang Irwan mengatakan, tugas dan tanggung adalah memastikan bahwa Pancasila selalu hadir dalam setiap sudut kehidupan serta hati dan pikiran kita. Pada peringatan Hari Lahir Pancasila di tahun 2018 ini, kita harus meneguhkan semangat kita untuk bersatu, berbagi dan berprestasi.

 “Sebagai bangsa yang majemuk yang terdiri atas 714 suku dengan lebih dari 1.100 bahasa lokal yang hidup di lebih dari 17.000 pulau, semangat persatuan merupakan pilar utama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kita harus terus menerus bersatu memperkokoh semangat Bhinneka Tunggal Ika. Kita harus bersatu dalam upaya kita untuk menjadi bangsa yang kuat, bangsa yang besar dan bangsa pemimpin” katanya.

Lebih lanjut, semangat berbagi antar anak bangsa untuk kesejahteraan dan kemajuan bersama juga merupakan sebuah keharusan. Kita harus berbagi dengan memperkuat etos kepedulian, welas asih, dan saling menghargai dengan penuh empati. Bulan suci Ramadhan yang penuh berkah ini harus kita manfaatkan sebagai momentum untuk memperkuat etos peduli dan berbagi.

“Semangat gotong royong yang merupakan budaya luhur bangsa harus terus kita pupuk sebagai sumber energi besar Indonesia untuk menggapai keadilan sosial bagi seluruh rakyat” sebutnya. Dengan modal semangat dan energi kebersamaan kita akan mampu berprestasi untuk memenangkan kompetisi. Kita harus percaya diri dan berani bersaing dalam kehidupan dunia yang semakin terbuka dan kompetitif. Kita harus memperkokoh kekuatan kolektif bangsa dan tidak boleh menghambur-hamburkan energi dalam perselisihan dan perpecahan.

” Kita harus melakukan lompatan besar untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang unggul dan tangguh”, pungkasnya. … (Pul/ Gito)

 
Top