Padang Panjang, mediaterobos.com – Dinas Sosial Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPKBP3A) menggelar Silaturrahmi antar kader se-Kota Padang Panjang, Evaluasi kegiatan dan penyerahan hadiah lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) dan Kube tingkat kota Padang Panjang yang diadakan di Aula Dinas Sosial, Selasa (26/6). 

Turut dihadiri Walikota Padang Panjang Hendri Arnis BSBA yang sekaligus silaturrahmi dengan para peserta kader.
Dalam hal tersebut Hendri mengatakan Pemda punya dana bergilir untuk masyarakat yang ingin membuka usaha dan dana ini bunganya sangat kecil. “Masyarakat jangan bingung dan ragu lagi jika ingin membuka usaha, silahkan lengkapi persyaratannya dan masukan proposal," ujar Hendri.

Seperti yang telah disebutkan masyarakat yang ingin bergabung untuk mendapatkan dana usaha itu diseleksi berdasarkan Kartu Keluarga Miskin, dari sanalah nanti proposal Selanjutnya Kepala Dinas Sosial PPKBP3A Martoni, S.Sos, M.Si melalui Kasi Pendampingan Stimulus Maria mengatakan sebelumnya Dinas Sosial telah melaksanakan perlombaan TTG tingkat pelajar dan masyarakat, serta lomba Kube se- Padang Panjang. "Lomba tersebut telah kami laksanakan pada 7 Mei lalu, dan sekarang baru bisa kami berikan hadiahnya," ujarnya.

Tujuan dari TTG sendiri untuk menumbuhkan jiwa Kreatif dan Inovatif bagi pelajar dan masyarakat, sehingga dapat menghasilkan TTG yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat itu sendiri. Sementara untuk Kube sendiri diambil dari para kader yang telah mendapatkan dana tahun 2012 dan 2015 lalu. "Lomba yang kami berikan berupa wawancara terhadap pendamping kube dan anggota kube, maksudnya apakah kelompok kubenya berjalan lancar atau tersendat," jelasnya.

Berikut nama pemenang Kube berprestasi tingkat Padang Panjang: Juara 1 diraih Kube Mawar dari Kelurahan Ngalau. Juara 2 diraih Kube Paus IV Kelurahan Pasar Usang.
Juara 3 diraih Kube Anggrek Kelurahan Silaing Bawah.

Sementera Pendamping Kube berprestasi diraih oleh: Juara 1 Mariani dari Kelurahan Ngalau. Juara 2 Eli Fahmi dari Kelurahan Pasar Usang. Juara 3 Netrawati dari Kelurahan Silaing Bawah. Lain lagi pemenang dari lomba TTG tingkat pelajar diraih oleh: Juara 1 Nabila Elfira, Miffaul Rizky dan Citra Nuratmi nama alat pot bunga dari kain parca utusan dari SMPN 5 Padang Panjang.  

Juara 2 Anggita Putri Zahra, Dini Salsabila dan Dhea Melinda nama alat Kertas dari ampas jus utusan dari SMPN 5 Padang Panjang. Juara 3 Ihsanul Huda, Syah Andro Viscot dan Sukra nama alat telur asin pakai jarum suntik utusan dari SMPN 3 Padang Panjang.

Untuk TTG tingkat masyarakat diraih oleh: Juara 1 Rofnefi, Deswita dan Jasri berupa alat pengering. Juara 2 Adrivaldi dan Vebi berupa reaktor bio gas. Hadiah intuk para pemenang diserahkan langsung oleh Hendri Harnis BSBA. … (Pul/ Gito)

 
Top