Pariaman, mediaterobos.com- KKN atau kuliah Kerja Nyata merupakan awal penerapan Ilmu yang diperoeh mahasiswa dikampus untuk langsung diimplementasikan ditengah masyarakat. Sebanyak 176 mahasiswa Universitas Andalas (Unand) melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (PPM) di Kota Pariaman, Kamis (28/6).

Walikota Pariaman Mukhlis Rahman menyambut baik kehadiran mahasiswa KKN di Pariaman. Ia mengatakan terjun ke tengah-tengah masyarakat sangat diperlukan bagi mahasiswa agar lebih mengenal karakteristik dan keadaan sesungguhnya di lapangan.

"Selain itu, ini merupakan ajang untuk menerapkan ilmu yang sudah diperoleh di bangku kuliah," ujar dia.

Wakil Dekan II Kedokteran UNAND Adril mengatakan KKN PPM tahun 2018 bertemakan "Membangun Mahasiswa Dengan Karakter Andalasian Yang Sejati.

Adril menyampaikan KKN PPM bertujuan untuk menggabungkan ilmu pendidikan yang didapat di kampus, untuk bisa diimplementasikan di tengah masyarakat di mana mereka KKN nanti.

“Kita jaga silaturahmi dengan masyarakat di tempat KKN PPM nanti, kita juga dapat merangkul generasi muda dan masyarakat desa untuk dapat berbuat lebih baik, demi kemajuan desa,” tutupnya.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMD) Efendi Jamal, menyebutkan mahasiswa KKN PPM Unand berjumlah sebanyak 176 orang terdiri dari 115 perempuan dan 61 laki-laki yang disebar di tujuh desa dan empat kecamatan yang ada di Kota Pariaman.

"Pada Kecamatan Pariaman Utara Desa Cubadak Air Utara, Desa Tungkal Selatan. Kecamatan Pariaman Selatan Desa Pungung Ladiang, Desa Batang Tajongkek dan Desa Sikabu. Kecamatan Pariaman Timur Desa Kampung Tangah serta Kecamatan Pariaman Tengah di Desa Kampung Baru," bebernya.
 
Top