Padang Panjang, mediaterobos.com – Geliat ekonomi masyarakat Kota Padang Panjang, mulai terasa pada hari pertama Ramadhan 1439 H/2018 M di Pasa Pabukoan Bancah Laweh, ujar tokoh masyarakat setempat, Zulkifli, SH, Jum'at pagi, (18/5), di Padang Panjang. Upaya untuk meramaikan Bancah Laweh dengan menghadirkan Pasa Pabukoan sudah cukup lama dirindukan Zulkifli yang saat ini Sekretaris DPRD Kota Padang Panjang, bersama Drs. Dalius Rajab, Sekretaris Dinas Pariwisata Pemko Padang Panjang. Begitu juga harapan tokoh masyarakat Padang Panjang lainnya dari Kenagarian Gunung, Dedi Dt. Gamuk.

"Alhamdulillah tahun ini bisa terwujud atas kerjasama dan koordinasi yang baik dari berbagai komponen seperti pemuda di sekitar GOR Bancah Laweh, SKPD terkait. Seperti Dinas Pariwisata, Dinas Koperindag, Dinas Perkim, Dinas Perhubungan, Dinas Kominfo, Satpol PP, Camat, Lurah, LPM dan RT setempat serta tokoh masyarakat lainnya," ujar Zulkifli yang dikenal pejabat rendah hati dan bersahaja.

Dikatakan, dalam waktu yang relatif singkat pada hari selasa 15 mei 2018, setelah dibuka pendaftaran untuk pedagang Pasa Pabukoan oleh Ketua Pemuda IKPPS Yozi Akbar Kurniawan, S.Pd ternyata cukup banyak yang mendaftar, mencapai 53 orang. Mereka berasal dari masyarakat sekitar lokasi. Antara lain Bancah Laweh, Padang Reno, Kubu Cubadak, Balai-balai, Tanah Hitam, Kampung Manggis, Guguk Malintang dan Gunung.

Persiapan yang dilakukan panitia dua hari sebelumnya sampai siang 1 Ramadhan cukup maksimal. Sehingga tingkat kehadiran pengunjung sangat ramai. Di luar dugaan panitia. Pada hari pertama dibukanya Pasa Pabukoan Bancah Laweh langsung dihadiri Camat Padang Panjang Timur Doni Rahman Dt. Simarajo, Sekretaris DPRD Zulkifli, SH, Sekretaris Dinas Pariwisata Drs. Dalius, Koordinator lapangan Dedi Dt. Gamuak serta motivator Bastra Sinaro.

Dengan ramainya pengunjung para pedagang sangat merasa bahagia terutama yang dagangannya laris manis dan laku habis. "Untuk hari-hari selanjutnya kita mengharapkan tingkat kunjungan akan selalu bertambah sehingga Pasa Pabukoan Bancah Laweh akan mempunyai prospek yang lebih bagus dan punya daya tarik tersendiri sehingga bisa berlanjut pada tahun berikutnya," tambah Zulkifli didampingi Dalius dan sejumlah tokoh masyarakat lainnya.

Untuk lebih tertata dan tertibnya Pasa Pabukoan ini panitia menurunkan sekitar 12 orang petugas setiap harinya yang akan mengatur penempatan pedagang, arus lalu lintas, parkir kendaraan, keamanan dan kebersihan serta fasilitasi pelayanan lainnya. Dari pantauan yang dilakukan, sampai sore ternyata pedagang belum seluruhnya berjualan dan berkemungkinan besar akan aktif secara keseluruhan mulai puasa hari kedua. "Jika pedagang masih bertambah pada hari-hari berikutnya panitia siap untuk memfasilitasi tempat berjualan bagi pedagang," ujar Zulkifli, SH yang juga dipercaya sebagai Ketua RT 10 Kelurahan Koto Panjang. (Pul/Gito).
 
Top