PARIWARA KOTA PADANG PANJANG

Padang Panjang,mediaterobos.com-Pemerintah Padang Panjang menargetkan seluruh masyarakat nya mendapatkan jaminan kesehatan tanpa terkecuali. Salah satu keinginan besar dari pemerintah Kota Padang Panjang adalah menjamin kesehatan seluruh masyarakatnya.

Dengan adanya sekitar 2,24% masyarakat Kota Padang Panjang yang belum tersentuh jaminan kesehatan BPJS maka Pemerintah Kota Padang Panjang akan berupaya untuk menjemput bola, agar mereka dapat didaftarkan lewat Jaminan Kesehatan Masyarakat Padang Panjang (JKMPP) yang terintegrasi dengan BPJS. 

Keberhasilan Kota Padang Panjang atas program UHC ( Universal Health Coverage ), adalah diawali dengan sebuah kerja keras dan sosialisasi program Sosialisai Universal Health Coverage (UHC) Jaminan Kesehatan Kota Padang Panjang kepada Camat Lurah dan RT  pada hari Jumat , 26 Januari 2018 yang lalu.


Pemerintah Kota Padang Panjang menganggap masyarakatyang tidak mendaftar di BPJS dikelompokkan sebagai masyarakat yang kurang mampu. “ Itu perlu kita bantu, namun pada intinya kita ingin seluruh masyarakat kita mempunyai kartu jaminan kesehatan. Oleh karena itu peran Camat Lurah dan RT sangat diharapkan dalam pendataan tersebut. Hal tersebut disampaikan oleh PLT Sekdako, Indra Gusnady, pada saat membuka secara resmi acara sosialisasi UHC tersebut.


Program UHC ( Universal Health Coverage ) telah berhasil dilaksanakan dengan baik di Kota Padang Panjang, dan prestasi itulah yang menyebabkan Pemko Padang Panjang menerima penghargaan dari Badan Pengelola Jaminan Sosial ( BPJS) Kesehatan atas tercapainya UHC ( Universal Health Coverage ) tersebut.

Penghargaan itu diserahkan langsung oleh Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno didampingi Deputi BPJS Kesehatan Wilayah Sumatera Bagian Tengah - Jambi Siswandi ke pada Pjs. Walikota Padang Panjang Irwan, S.Sos, MM di hotel Mercury Padang, Senin (14/5). Penghargaan tersebut merupakan sebuah apresiasi dari BPJS karena Kota Padang Panjang berhasil mencapai UHC.


Anggota Forum Komunikasi Para Pemangku Kepentingan Utama Tingkat Kota Padang Panjang yang hadir pada kegiatan tersebut Kepala Dinas Kesehatan Drs. H. Nuryanuwar, Apt.MM.MKes, Kepala Dinas PMPTSP Ewasoska, SH, Kepala Badan Keuangan Daerah yg diwakili oleh Irsal (sekretaris), Kepala Dinas Sosial P2P3A Martoni, Kepala Bappeda Soni Budaya Putra, Kepala Dinas Dukcapil Maini dan Kepala BPJS Kesehatan Hendra.




Irwan saat itu mengatakan, Alhamdulillah Kota Padang Panjang mendapatkan penghargaan UHC. UHC ini merupakan wujud kepedulian Pemerintah Daerah terhadap Kesehatan masyarakatnya. "Ini kerja keras kita semua terutama Dinas Kesehatan Kota Padang Panjang yang telah bersusah payah sampai ke titik ini," kata Irwan.

Muda-mudahan ini dapat menjadi motivasi dan untuk kedepannya mari tingkatkan lagi, tambah Irwan.
Selain Kota Padang Panjang, Kota Payakumbuh dan Kabupaten Mentawai juga berhasil menerima penghargaan tersebut.(Gito/Pul)

NASIONAL

 
Top