Padang Panjang, mediaterobos.com – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Padang Panjang kembali salurkan zakat untuk Program Padang Panjang Makmur Tahap Ke 2 Tahun 2018. Dana yang berjumlah 122.425.000 rupiah disalurkan kepada 51 Mustahiq di Aula BAPPEDA Kota Padang Panjang, Selasa (15/5). Dari 51 mustahik tersebut, sebanyak 22 orang dari Kecamatan Padang Panjang Barat dan 29 orang dari Kecamatan Timur.

Pjs. Walikota Padang Panjang yang diwakili Plt. Sekda Indra Gusnady, SE, M.Si mengatakan, Pengumpulan dan penyaluran dana zakat merupakan wujud nyata dari keimanan dan bentuk aplikasi rukun islam yang menjadi suatu kewajiban dari para muzakki dalam mengeluarkan hak orang lain dari harta yang dimilikinya. "Kita sangat mengapresiasi kinerja yang telah dilakukan oleh pengurus Baznas Kota Padang Panjang ini," ujar Indra.

Zakat ini disalurkan semata-mata hanya untuk menghindari masyatakat Padang Panjang dari kemiskinan, baik miskin harta maupun miskin keimanan. Kepada calon penerima zakat maupun para muzakki, "Kami harapkan agar kita secara bersama-sama terus mendukung dan membantu mengembangkan program yang ada pada Baznas Kota Padang Panjang ini," harap Indra.

"Kami berpesan kepada semua mustahiq agar betul-betul menjalankan usaha yang telah direncanakan untuk dikembangkan dengan bantuan dana Baz ini," kata Indra.

Semoga semua dana yang diterima menjadi amal dan berkah untuk semua mustahiq, kata Indra mengakhiri. Disamping itu Kepala Baznas Kota Padang Panjang Drs. Aswir Rasyidin Dt. Panjang mengatakan, ini merupakan penyaluran zakat tahap ke II tahun 2018 ini, dimana sebelumnya tahap pertama telah diserahkan pada 27 Maret 2018 lalu. "Biasanya penyaluran zakat ini kita salurkan sekali 3 bulan, dan seharusnya bulan Juni nanti kita serahkan, namun saat ini kita menimbang waktu ramadhan sudah dekat dan para mustahiq yang menerima bisa menggunakannya untuk berdagang di bulan Ramadhan nanti," kata Aswir.

Pakai lah dan pergunakan dengan sebaik-baiknya, muda-mudahan zakat yang diberikan dapat bermanfaat dan dapat meringankan beban para mustahiq. Saya harap bagi penerima zakat agar dapat mempergunakan zakat nya dengan sebaik-baiknya nya, kalau hasilnya bagus nanti zakat yang diterima tentu akan bertambah pula,"tutup Aswir.

Sementara itu Kepala Kemenag Kota Padang Panjang yang diwakili Suarman, S.Ag mengutarakan, jangan pernah menyia-nyiakan zakat yang diterima. "Luruskan niat dan banyak lah berbuat kebaikan, gunakanlah dengan baik, " katanya.

Acara diakhiri dengan penyerahan mesin jahit kepada salah seorang Mustahiq, dan dilanjutkan dengan penyerahan zakat kepada semua mustahiq.(Pul/Gito).
 
Top